Pers AS, Tubuh Khashogi Dilebur dengan Asam?

Pers AS, Tubuh Khashogi Dilebur dengan Asam?

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Pers AS menyoroti penyelidikan Jaksa Kepala Istanbul Irfan Fidan tentang pembunuhan itu, menyoroti pertanyaan di mana tubuh Khashoggi berada.

The Washington Post, Kamis (1/11/2018) memuat berita utama, “Jaksa mengatakan Khashoggi dicekik dan dipotong-potong, tetapi nasib keberadaan tubuhnya masih menjadi misteri,” di mana dikatakan jaksa menjabarkan deskripsi paling rinci tentang bagaimana Khashoggi terbunuh.

“Tetapi informasi baru itu tidak menjawab pertanyaan yang membingungkan para peneliti dan menjadi bahan bagi spekulasi penuh kemarahan: Apa yang terjadi dengan jasad Khashoggi?” tulisnya.

Laporan itu mengungkapkan bahwa seorang pejabat senior Turki sedang mempelajari teori bahwa tubuh Khashoggi dilebur dengan asam, di suatu tempat di sekitar kediaman konsulat atau duta besar.

The New York Times mengatakan pembunuhan Khashoggi “telah meningkatkan ketegangan antara Arab Saudi dan Turki.”

“Para analis intelijen Barat dan para pejabat Turki telah menyatakan bahwa operasi itu tidak mungkin dilakukan tanpa persetujuan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, pemimpin de facto Arab Saudi,” tulis surat itu.

Bin Salman telah mengirim al-Mujeb ke Istanbul, tetapi pernyataan Fidan mengatakan pembicaraan itu tidak konkrit.

Baca juga:

The Wall Street Journal memuat berita utama, “Jaksa Turki Mengkritik Kurangnya Kejelasan Saudi tentang Nasib dari Tubuh Jurnalis,” setelah pernyataan itu.

Dikatakan bahwa “pembicaraan di Istanbul gagal untuk memecahkan misteri apa yang terjadi pada jasad Jamal Khashoggi setelah dia dibunuh di konsulat.”

“Jaksa Saudi, yang mengundang jaksa Istanbul ke Riyadh untuk bekerja sama dalam penyelidikan itu, juga tampak menjauhkan diri dari komentar bahwa pembunuhan itu telah direncanakan,” tambah Journal.

Otoritas Saudi awalnya mengatakan mayat itu diberikan kepada “operator lokal,” klaim yang kemudian ditolak oleh al-Mujeb.

CNN mengatakan pernyataan jaksa Turki adalah “pernyataan paling jelas dari pihak berwenang Turki tentang” nasib wartawan yang terbunuh, yang belum ditemukan jenazahnya.

Media lain di AS, ABC News, mengatakan seorang jaksa Turki secara terbuka mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa Khashoggi dicekik dan tubuhnya dipotong-potong.

Dikatakan pihak berwenang Turki telah meminta Saudi menjelaskan di mana mereka membuang tubuh Khashoggi tetapi tidak mendapat tanggapan.

The Associated Press mengatakan Turki menginginkan ekstradisi 18 tersangka dalam pembunuhan wartawan yang saat ini ditahan di Arab Saudi.

“Turki juga menekan Arab Saudi untuk informasi tentang siapa yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi dan lokasi jenazahnya,” kata laporan itu.

Bagikan