Media AS Kutip Pernyataan Turki atas Dimutilasinya Jurnalis Jamal Khashoggi

Media AS Kutip Pernyataan Turki atas Dimutilasinya Jurnalis Jamal Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Media Amerika menyoroti misteri keberadaan jasad jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, yang tewas di dalam kedutaan Saudi di Istanbul, menurut kantor kejaksaan, Kamis (1/11/2018), lansir Anadolu Agency.

Jaksa Turki mencatat pihak berwenang dari kedua negara telah mencapai kesepakatan bersama untuk melakukan penyelidikan menyeluruh, mengungkapkan semua rincian dan membawa pelanggar dan komplotan ke pengadilan.

“Dengan cara direncanakan korban Jamal Khashoggi dicekik sampai mati saat ia memasuki gedung Konsulat Kerajaan Turki-Saudi pada 2 Oktober 2018 guna mengurus prosedur untuk pernikahannya. Ia tewas, setelah dipotong-potong tubuhnya lalu dibuang – sekali lagi ini – sejalan dengan rencana,” kata Kantor Penuntut Istanbul mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Jaksa Agung Saudi Saud al-Mujeb, bersama dengan delegasi, pergi ke Turki pada 28 Oktober dan mengunjungi Kantor Penuntut Umum Kepala Istanbul pada 29 Oktober.

“Jaksa Saudi, yang mengundang jaksa Istanbul ke Riyadh untuk bekerja sama dalam penyelidikan itu, juga tampak menjauhkan diri dari komentar bahwa pembunuhan itu telah direncanakan,” tambah Journal.

Otoritas Saudi awalnya mengatakan mayat itu diberikan kepada “operator lokal,” klaim yang kemudian ditolak oleh al-Mujeb.

Baca juga:

CNN mengatakan pernyataan jaksa Turki adalah “pernyataan paling jelas dari pihak berwenang Turki tentang” nasib wartawan yang terbunuh, yang belum ditemukan jenazahnya.

Media lain di AS, ABC News, mengatakan seorang jaksa Turki secara terbuka mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa Khashoggi dicekik dan tubuhnya dipotong-potong.

Dikatakan pihak berwenang Turki telah meminta Saudi menjelaskan di mana mereka membuang tubuh Khashoggi tetapi tidak mendapat tanggapan.

The Associated Press mengatakan Turki menginginkan ekstradisi 18 tersangka dalam pembunuhan wartawan yang saat ini ditahan di Arab Saudi.

“Turki juga menekan Arab Saudi untuk informasi tentang siapa yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi dan lokasi jenazahnya,” kata laporan itu.

Bagikan

One thought on “Media AS Kutip Pernyataan Turki atas Dimutilasinya Jurnalis Jamal Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X