Erdogan: Buktikan Kalau Wartawan Saudi Tewas di Luar Konsulat Arab

Erdogan: Buktikan Kalau Wartawan Saudi Tewas di Luar Konsulat Arab

TURKI (Jurnalislam.com) – Para pejabat Arab Saudi harus membuktikan bahwa jurnalis Jamal Khashoggi, yang telah hilang sejak pekan lalu, telah meninggalkan konsulat Saudi di Istanbul, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Kami harus mendapatkan hasil dari penyelidikan ini sesegera mungkin. Para pejabat konsulat tidak dapat menyelamatkan diri mereka hanya dengan mengatakan ‘dia telah pergi’,” kata Erdogan pada konferensi pers di Budapest, Senin (8/10/2018), lansir Aljazeera.

“Pihak berwenang yang terkait diwajibkan untuk memberikan bukti klaim mereka tersebut, mengenai masalah ini. Jika dia pergi, Anda harus membuktikannya, Anda akan membuktikannya, bahkan dengan bukti visual. Mereka yang bertanya kepada otoritas Turki ‘di mana dia?’ pertama-tama harus bertanya ‘bagaimana ini bisa terjadi?’ “Erdogan menambahkan.

Baca juga: Hilangnya Wartawan Saudi, Erdogan: Saya Berharap Tidak Menjadi Situasi yang Buruk

“Kedatangan dan keberangkatan Turkish Airlines atau (lainnya) semuanya sedang diselidiki. Dengan keberangkatan dan kedatangan ini ada orang-orang tertentu yang berasal dari Arab Saudi.

“Kantor kejaksaan sedang mengerjakannya, menginvestigasi, melakukan segalanya. Dan kami telah mengatakan – terutama kepada semua instansi terkait kami, pasukan keamanan kami, badan intelijen kami, semuanya, kementerian luar negeri – ‘bekerja bersama’ dan kami ‘ akan melihat laporan yang disiapkan jaksa kami.”

Khashoggi menghilang setelah memasuki konsulat Saudi pada 2 Oktober untuk memilah dokumen dan sumber-sumber Turki mengatakan kepada kantor berita Reuters pada hari Sabtu bahwa mereka percaya dia terbunuh di dalam gedung dalam “pembunuhan terencana”.

Jamal Khashoggi,
Jamal Khashoggi,

 

Erdogan, yang mengatakan dia secara pribadi mengikuti kasus itu, menambahkan bahwa Turki tidak memiliki dokumen atau bukti terkait dengan kasus tersebut.

Turki secara resmi telah meminta akses ke konsulat Saudi untuk pencarian forensik lengkap dari tempat tersebut.

Sebelumnya pada hari Senin, pejabat di Istanbul mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka “mengharapkan kerja sama penuh (Saudi Arabia) selama penyelidikan” atas nasib jurnalis yang hilang tersebut.

Pada hari Ahad, Wakil Menteri Luar Negeri Turki Sedat Onal memanggil duta besar Saudi untuk Turki ke kementerian luar negeri untuk kedua kalinya sejak hilangnya Khashoggi, sumber di kementerian mengatakan kepada Al Jazeera.

Baca juga: Wartawan Saudi Dibunuh Setelah Masuki Konsulat Arab di Turki

Sumber yang tidak disebutkan namanya di dalam konsulat itu dikutip oleh Saudi Press Agency (SPA) karena membantah klaim, mengatakan tuduhan itu “tidak berdasar”.

Seorang kritikus terkemuka dari program reformasi pemerintah Saudi di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Khashoggi telah tinggal di pengasingan di Amerika Serikat selama lebih dari satu tahun.

Berbicara di Al Jazeera’s UpFront awal tahun ini, Khashoggi mengatakan bahwa tidak ada ruang untuk berdebat di Arab Saudi dengan dipenjaranya para intelektual dan jurnalis karena mempertanyakan kebijakan.

“Seperti yang kita bicarakan hari ini, ada intelektual dan jurnalis Saudi yang dipenjara. Sekarang, tidak ada yang berani berbicara dan mengkritik reformasi [yang diprakarsai oleh putra mahkota],” katanya, menambahkan bahwa “akan jauh lebih baik baginya jika memungkinkan ruang bernafas untuk berdebat bagi para kritikus, bagi para intelektual Saudi, penulis Saudi, dan media Saudi.”

Ditanya apakah Arab Saudi bisa menjadi demokratis di bawah bin Salman, Khashoggi mengatakan: “Tidak dalam pengawasannya. Saya belum pernah mendengar dia membuat kesimpulan sekecil apa pun bahwa dia akan membuka negara untuk pembagian kekuasaan, untuk demokrasi.”

Dalam tulisannya untuk Washington Post, komentator Saudi mengkritik kebijakan Saudi terhadap Qatar dan Kanada, perang di Yaman dan penindasan terhadap perbedaan pendapat dan media di kerajaan.

Bagikan

5 thoughts on “Erdogan: Buktikan Kalau Wartawan Saudi Tewas di Luar Konsulat Arab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X