Arab Saudi Undang Penyelidik Turki ke Gedung Konsulat

Arab Saudi Undang Penyelidik Turki ke Gedung Konsulat

 

ANKARA (Jurnalislam.com) – Arab Saudi pada hari Selasa (9/10/2018) mengundang para ahli Turki dan pejabat terkait untuk mengunjungi Konsulat Istanbulnya guna memeriksa hilangnya seorang wartawan Saudi pekan lalu.

Menurut sumber diplomatik, sebuah surat diplomatik dikirim ke Kementerian Luar Negeri Turki yang isinya mengundang pejabat Turki untuk mengunjungi konsulat, tempat Jamal Khashoggi terakhir terlihat pekan lalu.

“Kerajaan Arab Saudi menyampaikan salam persaudaraan kepada Republik Turki,” pembukaan surat itu.

Baca juga: Erdogan: Buktikan Kalau Wartawan Saudi Tewas di Luar Konsulat Arab

“Kerajaan Arab Saudi mengundang para ahli Turki dan pejabat yang relevan untuk mengunjungi Konsulat Istanbul sesuai dengan prinsip kerja sama dengan pemerintah Republik Turki dan karena pentingnya bagi Kerajaan Arab Saudi untuk menemukan kebenaran tentang insiden hilangnya putra warga Arab Saudi Hamza, Jamal Ahmad Khashoggi.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy mengatakan sebelumnya hari ini bahwa “pencarian akan dilakukan di gedung [konsulat] sebagai bagian dari penyelidikan.”

Khashoggi, kolumnis untuk The Washington Post, telah hilang sejak dia memasuki konsulat pada 2 Oktober.

Polisi Turki yang menyelidiki kasus tersebut mengatakan pada hari Sabtu bahwa 15 orang Saudi, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan memasuki konsulat saat Khashoggi berada di dalam gedung.

Baca juga: Wartawan Saudi Dibunuh Setelah Masuki Konsulat Arab di Turki

Jaksa Istanbul sedang menyelidiki insiden itu, sementara konsulat mengatakan di Twitter bahwa mereka bekerja dalam koordinasi dengan pihak berwenang Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah meminta para pejabat Saudi untuk membuktikan klaim mereka bahwa Khashoggi meninggalkan konsulat, karena sebagian besar saksi mengatakan bahwa dia terakhir terlihat memasuki gedung itu.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X