Yakin Telah Menang Perang atas IS, Trump Tarik Semua Pasukannya dari Suriah

Yakin Telah Menang Perang atas IS, Trump Tarik Semua Pasukannya dari Suriah

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Rabu (19/12/2018) bahwa koalisi pimpinan AS telah berhasil secara militer mengalahkan kelompok Islamic State (IS), dan mengindikasikan penarikan mundur semua pasukannya dari Suriah.

“Kami telah mengalahkan IS di Suriah, satu-satunya alasan saya berada di sana selama Presidensi Trump,” kata Trump di Twitter.

Pengumuman ini menyusul laporan bahwa AS sedang bersiap untuk menarik sekitar 2.000 pasukannya dari timur laut Suriah.

Trump sebelumnya menyuarakan niatnya untuk meninggalkan Suriah, tetapi menghadapi tekanan balik dari petinggi Pentagon dan beberapa pejabat tingginya yang berusaha mempertahankan postur militer AS di negara itu sampai pasukan Iran keluar dari Suriah.

Baca juga:

Gedung Putih muncul untuk mengkonfirmasi kepergian AS, menekankan kemenangan militer melawan IS di Suriah “bukan sinyal akhir Koalisi Global atau operasinya.

“Kami telah mulai mengembalikan pasukan Amerika Serikat ke rumah saat kami beralih ke langkah operasi ini selanjutnya,” kata juru bicara Sarah Sanders. “Amerika Serikat dan sekutu kami siap untuk kembali terlibat di semua level untuk membela kepentingan Amerika kapan pun diperlukan.”

Namun pernyataan itu tidak menjelaskan sejauh mana penarikan pasukan tersebut, serta batas waktunya. Laporan menyatakan semua personil Departemen Luar Negeri akan meninggalkan Suriah dalam 24 jam ke depan sementara pasukan AS akan berangkat dalam 60 hingga 100 hari.

Dewan Keamanan Nasional tidak berkomentar tentang waktu yang dilaporkan ketika ditanya tentang masalah ini oleh Anadolu Agency.

 

Bagikan

One thought on “Yakin Telah Menang Perang atas IS, Trump Tarik Semua Pasukannya dari Suriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X