Pakistan: Penista Nabi Dibebaskan, TLP Serukan Aksi Nasional Hari Jumat

Pakistan: Penista Nabi Dibebaskan, TLP Serukan Aksi Nasional Hari Jumat

KARACHI (Jurnalislam.com) – Kelompok-kelompok agama menyerukan aksi nasional pada hari Jumat atas dibebaskannya seorang wanita Kristen dari tuduhan penodaan agama ketika pembicaraan antara pemerintah dan para pemrotes terhambat pada Kamis (1/11/2018) hingga larut malam.

Allama Khadim Hussain Rizvi, pemimpin Muslim Sunni Tehreek e Labbaik Pakistan (TLP) yang baru muncul, mengumumkan kegagalan pembicaraan tersebut dalam tweet larut malam yang menyerukan kepada para pengikutnya “bersiap-siap untuk martir.”

“Pembicaraan kami dengan pemerintah telah gagal total. Akan ada aksi protes di negara itu pada hari Jumat,” kata Hussain, yang memimpin aksi di ibukota Islamabad, mengatakan dalam sebuah tweet.

Baca juga: 

Menurut Hussain, pihak pemerintah yang mengadakan pembicaraan dengan para pengunjuk rasa juga termasuk seorang pejabat senior agen mata-mata utama negara itu, Inter Services Intelligence.

Namun, tidak ada kata resmi mengenai kegagalan perundingan karena liputan TV dengan semena-mena tidak menyiarkan aksi protes atas perintah pemerintah dalam upaya untuk mendinginkan ketegangan yang meningkat.

Pada hari Kamis, ribuan orang memblokir jalan di seluruh Pakistan untuk memprotes pembebasan Mahkamah Agung atas Aasia Bibi, yang dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan distrik pada tahun 2010 karena menghujat Nabi Muhammad Saw.

Di Pakistan, menghujat Islam atau Muhammad adalah tindak kriminal yang dapat dijatuhi hukuman mati. Walaupun negara tidak pernah mengeksekusi siapa pun di bawah hukum, adanya tuduhan saja telah memicu protes massa dan kekerasan.

Bagikan

One thought on “Pakistan: Penista Nabi Dibebaskan, TLP Serukan Aksi Nasional Hari Jumat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X