PM Terpilih Pakistan Dukung Turki Hadapi Serangan AS

PM Terpilih Pakistan Dukung Turki Hadapi Serangan AS

PAKISTAN (Jurnalislam.com) – Imran Khan yang sesaat lagi akan menjabat Perdana Menteri Pakistan pada hari Selasa (14/8/2018) menyatakan dukungan untuk Turki di tengah kesulitan keuangannya.

“Atas nama rakyat Pakistan dan saya sendiri, saya ingin menyatakan kepada Presiden Erdogan & rakyat Turki bahwa kami berdoa untuk keberhasilan mereka dalam menghadapi tantangan ekonomi berat yang mereka hadapi, karena mereka selalu berhasil melawan kemalangan dalam sejarah kejayaan mereka,” tulis Khan di Twitter, lansir Anadolu Agency.

Pernyataannya muncul beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump meningkatkan serangannya ke Turki dengan menaikkan tarif AS pada impor aluminium dan baja Turki menjadi 20 persen dan 50 persen, masing-masing.

Imran Khan Mantan Atlit Kriket, Calon PM ke-19 Pakistan

Pada hari Senin, dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Pakistan juga menentang “sanksi sepihak yang dikenakan oleh AS atas Turki karena penahanan seorang pendeta Amerika di bawah tuduhan terorisme.

Turki dan AS saat ini mengalami hubungan yang buntu setelah Washington memberlakukan sanksi pada Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dan Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul karena tidak melepaskan Pendeta Amerika Andrew Brunson, yang menghadapi tuduhan terorisme di Turki.

“Pakistan, pada prinsipnya, menentang pengenaan sanksi sepihak terhadap negara manapun. Solusi untuk setiap dan semua masalah harus ada dalam dialog, saling pengertian dan niat baik,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Pakistan juga memuji peran Turki terhadap perdamaian dan stabilitas regional dan internasional.

“Pakistan mengakui dan sangat menghargai peran tak ternilai Turki dalam mencapai perdamaian dan stabilitas regional dan internasional. Turki juga merupakan anggota vital dan mesin dari ekonomi global,” kata pernyataan itu lebih lanjut.

Mengekspresikan solidaritasnya, Islamabad menegaskan kembali dukungannya yang kuat untuk pemerintah dan rakyat Turki.

“Rakyat dan pemerintah Pakistan mengulangi dukungan kuat mereka untuk pemerintah dan rakyat Turki dalam upaya mereka untuk perdamaian dan kemakmuran, dan seperti biasa, akan terus mendukung mereka mencapai tujuan bersama ini,” tambah pernyataan tersebut.

Bagikan

3 thoughts on “PM Terpilih Pakistan Dukung Turki Hadapi Serangan AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X