Sidang Perdana PK Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Ditunda

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan ustadz Abu Bakar Ba'asyir digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015). Namun, sidang ditunda karena ustadz Abu tidak hadir.

Jaksa selaku termohon, meminta majelis hakim untuk menghadirkan ustadz Abu. Namun, pemohon, yang dipimpin Tim Pengacara Muslim (TPM) Ahmad Michdan mengatakan tidak mempunyai wewenang untuk menghadirkan ustadz Abu.

"Untuk menghadirkan Ustaz Ba'asyir, kami tidak punya kewenangan. Tapi klien kami sudah mengetahui bahwa 17 November memang ada sidang. Baik dari lapas (Nusa Kambangan) belum ada kejelasan," ujar Achmad dalam persidangan di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Ketua Majelis Hakim Ahmad Rifai pun meminta agar jaksa selaku eksekutor yang menghadirkan ustadz Abu. "Begini, pemohon PK-nya berada di tahanan. Karena berada di dalam, itu menjadi kewenangan jaksa yang mengeksekusi. Jadi majelis akan memerintahkan jaksa untuk menghadirkan pemohon peninjauan kembali," jelas Ahmad.

Jaksa pun menyanggupi permintaan Ahmad. Oleh karena itu, sidang yang dimulai pukul 10.45 WIB sampai 11.00 WIB, ditunda hingga Selasa 1 Desember 2015.

"Maka majelis memerintahkan kepada pihak termohon menghadirkan pihak pemohon di persidangan pada hari Selasa 1 Desember jam 10.00 WIB. Karena itu, sidang hari ini kami tunda," tutup Hakim Ahmad.

Usai sidang, Ahmad Michdan menyampaikan kondisi kesehatan ustadz Abu yang mengeluhkan sakit di kakinya. "Beliau sebetulnya kalau sakit permanen tidak ada, tapi karena beliau usianya sudah lanjut. Belakangan, beliau mengeluhkan sakit di persendian kakinya," jelasnya.

Reporter : Irfan | Editor : Ally | Jurnalislam

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.