MUI Minta Masyarakat Hidupkan Rumah Sebagai Tempat Ibadah

MUI Minta Masyarakat Hidupkan Rumah Sebagai Tempat Ibadah

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, mengatakan bahwa ada hikmah di balik peristiwa wabah virus corona. Salah satu hikmah yang dapat dipetik dari pandemi global ini adalah penguatan ketahanan keluarga dan penguatan kekuatan ibadah di rumah.

 

“Rasulullah SAW menegaskan di dalam hadis shahihnya bahwa sebaik-baik ibadah shalat yang dilaksanakan oleh hamba di dalam hal ini umat Islam yakni shalat yang dilaksanakan di rumah,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Sabtu (28/03/2020).

 

Niam mengatakan bahwa ibadah tidak hanya dapat dilakukan di masjid atau musholla, tetapi di rumah kita masing-masing. Menurut dia, shalat di rumah itu adalah keutamaan.

 

“Sebaik-baik shalat yang dilakukan adalah shalat di rumah, kecuali shalat-shalat yang memang terikat pelaksanaannya di masjid seperti shalat tahiyatul masjid,” ujarnya.

 

MUI, kata dia, mengajak umat Islam Indonesia untuk bersama-sama memakmurkan seluruh Bumi Allah SWT dengan kepentingan ibadah.

 

Sebelumnya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Surabaya mengimbau kepada segenap jajaran struktural dan warga NU di Kota Pahlawan, Jawa Timur untuk melaksanakan shalat lima waktu berjamaah bersama keluarga di rumah, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X