Kecam Cina, Ini Pernyataan Lengkap FUI Bima soal Uighur

Kecam Cina, Ini Pernyataan Lengkap FUI Bima soal Uighur

BIMA (Jurnalislam.com) – Ratusan umat Islam yang tergabung dalam forum umat Islam (FUI) Bima menggelar aksi solidaritas untuk kaum muslim Uighur di Xinjiang China. Aksi yang berlangsung pada rabu (26/12/2018) dengan mendatangi kantor pemerintahan kota Bima.

Ketua Forum Umat Islam (FUI) Bima Ustaz Asikin menegaskan bahwa aksi ini adalah aksi kemanusiaan atas musibah genoside ataupun pembantaian terhadap Muslim Uighur di Xinjiang China.

“Kami jelas tidak menerima perlakuan dari pemerintah Cina terhadap kaum muslimin di sana, kami juga mengutuk tindakan tersebut,”katanya.

Mereka Uighur, kata Asikin,  juga adalah manusia yang tidak pantas diperlakukan tidak pantas. Apalagi, dirinya sebagai umat Islam wajib membela kehormatannya.

Dalam aksi tersebut ketua FUI Bima membacakan serta menyerahkan pernyataan sikap dari umat Islam Bima.

“Kami mengutuk keras kejahatan yang dilakukan pemerintah Cina, terhadap masyarakat muslim Uighur,” kecam Asikin.

FUI juga, tambahnya, menyeru ulama dunia, pemimpin negara muslim dan organisasi konferensi Islam (OKI) bersatu mengutuk pemerintah Cina sebagai penjahat kemanusiaan (Gonosida) serta perusak perdamaian dunia

“Kami mendesak pemerintah Indonesia melaksanakan politik bebas aktif dan cepat ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemanusiaan yang beradab dan keadilan sosial,” tegasya.

Apabila pemerintah Cina tidak segera menghentikan tindakan biadabnya, FUI menuntut pemerintahan Indonesia segera memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintahan Cina.

Menerima pernyataan sikap umat Islam Bima, Wak wali kota Bima Feri Sofyan SH berjanji akan menyampaikan surat pernyataan sikap tersebut.

 

“Saya sebagai pemerintah kota Bima berjanji akan menyampaikan surat pernyataan sikap dari umat Islam Bima kepada pemerintahan terkait, baik itu DPRD Provinsi NTB, kepada Gubernur, maupun kepada presiden,”pungkasnya.

(sirath)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X