Ekstradisi Ditolak Arab, Direktur Komunikasi: Saudi Menutupi Pembunuhan Khashoggi

Ekstradisi Ditolak Arab, Direktur Komunikasi: Saudi Menutupi Pembunuhan Khashoggi

ANKARA (Jurnalislam.com) – Penolakan Arab Saudi untuk mengekstradisi orang yang dicurigai sebagai pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi “sangat mengecewakan,” kata direktur komunikasi presiden Turki pada hari Senin (10/12/2018).

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, Fahrettin Altun menegaskan kembali seruan Turki untuk penyelidikan internasional terhadap kasus wartawan yang terbunuh tersebut, dengan mengatakan, “Dunia harus mencari keadilan untuk kasusnya di bawah hukum internasional”.

“Ini akan menjadi kepentingan terbaik masyarakat internasional untuk mencari keadilan bagi wartawan Saudi di bawah hukum internasional,” kata Altun seperti dikutip dalam laporan berita.

Menolak ekstradisi para tersangka pembunuhan hanya akan membenarkan mereka yang “percaya bahwa Arab Saudi berusaha menutupi pembunuhan itu,” tambahnya.

Dunia paham bahwa Konsul Jenderal Arab Saudi di Istanbul juga merupakan kaki tangan pembunuhan Jamal Khashoggi, kata Altun.

Baca juga: 

Pada hari Ahad, Arab Saudi menolak mengekstradisi tersangka dalam kasus Jamal Khashoggi ke Turki, Menteri Luar Negeri Turki, Adel al-Jubeir, mengatakan Ahad malam.

“Kami tidak mengekstradisi warga kami,” kata al-Jubeir dalam konferensi pers Dewan Kerjasama Teluk ke-39 (Gulf Cooperation Council-GCC) ketika ditanya tentang surat perintah penangkapan.

Khashoggi, seorang wartawan Saudi, dan kolumnis untuk The Washington Post, hilang setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada awal Oktober.

Setelah awalnya mengatakan dia meninggalkan konsulat dalam keadaan hidup, Arab Saudi mengaku beberapa pekan kemudian bahwa dia terbunuh di sana, menyalahkan kematiannya pada sekelompok tim Saudi yang melakukan operasi jahat.

Mengikuti keputusan kerajaan, Arab Saudi memecat lima pejabat senior, termasuk al-Qahtani dan al-Asiri.

Bagikan

One thought on “Ekstradisi Ditolak Arab, Direktur Komunikasi: Saudi Menutupi Pembunuhan Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X