Senator AS: Pangeran Bin Salman ‘Terlibat’ dalam Pembunuhan Khashoggi

Senator AS: Pangeran Bin Salman ‘Terlibat’ dalam Pembunuhan Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) “terlibat” dalam pembunuhan Jamal Khashoggi, kata seorang senator pada hari Selasa (4/12/2018).

Senator Lindsey Graham mengatakan penguasa de facto kerajaan itu pasti bertanggung jawab atas kematian wartawan Arab Saudi itu.

“Putra mahkota, adalah bola yang merusak. Saya pikir dia terlibat dalam pembunuhan Khashoggi hingga ke tingkat tertinggi,” kata Graham kepada wartawan setelah pengarahan singkat oleh Direktur CIA, Gina Haspel.

Haspel menjelaskan kepada sekelompok kecil senator tentang pembunuhan Khashoggi, setelah anggota parlemen protes atas ketidakhadirannya pekan lalu selama briefing Senat tentang Yaman yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

CIA belum membuat komentar publik tentang pembunuhan itu, tetapi laporan mengatakan bahwa agensi menyimpulkan putra mahkota memerintahkan pembunuhan tersebut.

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Saudi untuk The Washington Post, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Donald Trump bersama Pangeran Bin Salman
Donald Trump bersama Pangeran Bin Salman

Setelah awalnya mengatakan dia meninggalkan konsulat dalam keadaan hidup, Arab Saudi akhirnya mengaku beberapa pekan kemudian bahwa dia terbunuh di sana.

Graham mengatakan bin Salman dan Arab Saudi adalah dua entitas yang terpisah, dan putra mahkota tidak bisa berfungsi sebagai mitra yang dapat diandalkan untuk AS.

Baca juga: 

“Saya merasa sangat sulit untuk dapat melakukan bisnis karena saya pikir dia gila. Saya pikir dia berbahaya, dan dia telah membuat hubungan ini berisiko,” katanya. “Saya tidak dapat mendukung penjualan senjata ke Arab Saudi selama dia yang bertanggung jawab atas negara ini. Perang di Yaman telah lepas kendali.”

Senator Bob Corker, salah satu dari delapan senator dalam briefing Senat tentang Yaman tersebut, juga mengatakan kepada wartawan bahwa dia yakin bin Salman bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

“Jika dia berada di depan juri, dalam 30 menit dia akan dihukum, bersalah,” kata Corker.

“Saya tidak meragukan bahwa putra mahkota, MBS, memerintahkan pembunuhan, serta memantau pembunuhan,” tambahnya, mengacu pada bin Salman dengan inisialnya.

Menanggapi komentar yang dibuat oleh Bolton, Graham mengatakan tidak ada senjata api, tetapi ada “gergaji api,” mengacu pada laporan bahwa gergaji tulang digunakan untuk mencabik-cabik Khashoggi di Konsulat Saudi.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.