Perusahaan Spyware Israel Bantu Arab Saudi Pantau HP Khashoggi

Perusahaan Spyware Israel  Bantu Arab Saudi Pantau HP Khashoggi

YERUSALEM (Jurnalislam.com) – Sebuah perusahaan perangkat lunak Israel pada hari Senin membantah tuduhan bahwa spyware mereka telah digunakan sehubungan dengan pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi.

Dituduh membantu pemerintah Saudi memantau pesan telepon Khashoggi, NSO Group menyebut tuduhan itu “sepenuhnya tidak berdasar” dengan “tidak ada bukti” bahwa teknologi perusahaan mereka telah digunakan.

Tuduhan itu dibuat oleh aktivis yang berbasis di Montreal, Omar Abdulaziz, yang mengatakan bahwa ponselnya diretas oleh perusahaan melalui perangkat lunak Pegasus, yang memungkinkan pemerintah Saudi untuk memantau korespondensinya dengan Khashoggi.

Pegasus menginfeksi ponsel dengan mengirim pesan teks agar pengguna tergoda untuk mengklik tautan terlampir. Setelah tautan diklik, perangkat lunak diunduh ke ponsel dan menginfeksinya.

Baca juga: 

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Saudi untuk The Washington Post, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah awalnya mengatakan dia meninggalkan konsulat dalam keadaan hidup, Arab Saudi akhirnya mengaku beberapa pekan kemudian bahwa dia terbunuh di sana.

Tim hukum Abdulaziz mengajukan gugatan kepada Israel pada hari Ahad dengan alasan bahwa NSO Group melanggar hukum internasional dengan menjual perangkat lunaknya ke Arab Saudi, dengan mengetahui bahwa perangkat lunaknya itu dapat digunakan untuk melanggar hak asasi manusia.

Mei lalu, Abdulaziz mengatakan dia bertemu dua pejabat pemerintah Saudi di Montreal dan merekam percakapan mereka, lalu berbagi rekaman itu dengan CNN.

Para pejabat mengatakan mereka dikirim oleh Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman, yang ingin menawari dia pekerjaan.

Abdulaziz berkonsultasi dengan Khashoggi setelah para pejabat menyuruhnya pergi ke kedutaan Saudi untuk mengisi dokumen, dan Khashoggi mengatakan kepadanya untuk tidak pergi dan hanya menyanggupi bertemu di tempat umum.

Bagikan

3 thoughts on “Perusahaan Spyware Israel Bantu Arab Saudi Pantau HP Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X