Dalam 3 Bulan Koalisi AS Bunuh 165 Warga Sipil di Suriah Timur

Dalam 3 Bulan Koalisi AS Bunuh 165 Warga Sipil di Suriah Timur

ANKARA (Jurnalislam.com) – Dalam periode yang berlangsung sekitar tiga bulan, koalisi yang dipimpin sekutu AS dan milisi YPG/PKK membunuh 165 warga sipil di satu wilayah Suriah timur, kata sebuah LSM Suriah dalam sebuah laporan pada hari Sabtu (29/12/2018).

Dengan dalih mengusir IS dari daerah itu, serangan pasukan koalisi di sekitar Deir ez-Zor menewaskan 153 warga sipil, termasuk 71 anak-anak dan 29 wanita, Sedangkan serangan oleh teroris YPG / PKK menewaskan 12 warga sipil pada periode yang sama, termasuk tiga anak, kata Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (the Syrian Network for Human Rights-SNHR) dalam sebuah laporan 101 hari dari 11 September hingga 20 Desember.

Setelah pusat distrik Hajin Deir ez-Zor diserang oleh kelompok YPG/PKK, sekitar 6.000 warga sipil di kota-kota dan desa-desa kekuasaan IS yang tinggal sisa-sisa menderita akibat pengepungan oleh pasukan rezim Syiah Bashar al-Assad dan teroris YPG/ KK, kata laporan itu.

Laporan itu menambahkan bahwa IS menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia, sehingga mereka terkena serangan acak oleh pasukan rezim dan teroris YPG / PKK.

Baca juga: 

IS masih mempertahankan kendali atas lima kota di bagian pedesaan di provinsi Deir ez-Zor timur.

Dengan bantuan AS, YPG / PKK memegang kendali timur Sungai Efrat dan daerah pedesaan di Deir ez-Zor barat dan timur. Prancis juga memberikan dukungan kepada kelompok teroris dengan artileri.

Pasukan rezim Assad, sementara itu, mempertahankan kontrol bagian barat Deir ez-Zor.

Sampai hari ini, milisi YPG / PKK menempati sekitar 28 persen dari total wilayah Suriah.

Turki mengatakan akan segera meluncurkan operasi kontra-teroris ketiga terhadap teror YPG/PKK di Suriah utara, dengan alasan adanya ancaman terhadap Turki dan warga sipil setempat.

Suriah telah dikunci dalam perang global yang ganas sejak awal 2011, ketika rezim Syiah Bashar al-Assad menindak demonstran dengan keganasan militer yang tak terduga.

Bagikan

One thought on “Dalam 3 Bulan Koalisi AS Bunuh 165 Warga Sipil di Suriah Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.