Bersinergi dalam Nahi Munkar, Sejumlah Ormas Islam Bentuk Laskar Islam Jember

JEMBER (Jurnalislam.com) – Sebagai bentuk upaya pencegahan kriminalitas dan kemaksiatan, sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Jember bersinergi membentuk Laskar Islam Jember (LIJ). LIJ merupakan wadah silaturahim antar ormas Islam di Jember yang berfokus pada nahi munkar (mencegah kemunkaran).

"Kita tidak sedang menggagas hal baru. Karena nahi munkar itu tugas yang sudah ada sejak zamannya Rasulullah," ucap Abu Nashrullah, mewakili Ansharusy Syariah Jember kepada Jurnalislam, dalam acara Temu Akrab dan Konsolidasi Laskar Islam Jember di Rest Area Perhutani Jubung, Kabupaten Jember, Jawa Timur Ahad (31/2/2016).

Dalam suasana penuh keakraban, sejumlah perwakilan ormas Islam menyampaikan asanya agar LIJ ini bisa menjadi solusi penanggulangan maksiat di kota santri itu.

"Kita prioritaskan ukhuwah antar ormas Islam, karena urusan nahi munkar bukan hal mudah dan membutuhkan sinergi banyak pihak," tegas ustadz Ilyas Hikam, Sekretaris DPW FPI Jember.

"Terpilihnya Nama (Laskar Islam Jember) ini adalah saran dari Komandan LPI Jember dan logo yang kita pakai adalah sumbangsih dari ketua Muslim Designer Community (MDC) " ujar Abu Nashrullah.

Sementara itu, koordinator LIJ, Santoso mengatakan, nahi munkar bukan sekedar urusan sweeping akan tetapi membutuhkan manajemen organisasi yang baik di dalamnya agar masyarakat merasakan manfaat sebenarnya.

”Urusan nahi munkar di era saat ini bukan sekedar urusan sweeping dan baku hantam, tapi membutuhkan manajemen sehingga tidak termakan fitnah media sekuler yang  mengatakan aktifisnya sebagai muslim anarkis,” ujar Santoso.

"Nahi Munkar harus diorganisir agar orang tahu manfaatnya. Jangan kalah dengan maksiat yang bisa diterima karena sudah terorganisir baik," sambungnya.

Santoso menjelaskan, langkah awal yang akan dijalankan adalah menjalin silaturahim dengan para tokoh Islam di Jember serta melakukan beberapa aksi simpatik untuk mengenalkan manfaat adanya LIJ ini kepada masyarakat Jember.

Laskar Islam Jember diinisiasi oleh Jamaah Ansharusy Syariah dan Front Pembela Islam (FPI) Jember yang didukung elemen Islam lain seperti Syabab Hidayatullah, MTA, dan beberapa Aktifis Kampus di Jember.

Reporter: Budi Eko | Editor: Ally | Jurnalislam

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.