Responsive image

Al Shabaab Eksekusi Komandan Pro Islamic State

Al Shabaab Eksekusi Komandan Pro Islamic State

SOMALIA (Jurnalislam.com) – Menurut situs web Somalia Garowe Online, pejuang al Shabaab baru-baru ini menembak mati seorang komandan pro Islamic State di kota Bu’ale, Somalia selatan. Shabaab belum mengkonfirmasi berita ini, tetapi mereka memang jarang berkomentar di depan umum tentang pembunuhan atau eksekusi seperti ini, lansir Long War Journal Senin (14/1/2019).

Garowe menyatakan bahwa “Yahya Haji Fiile, yang dikenal sebagai Abu Zakariye, terbunuh di distrik tersebut setelah intelijen Shabaab menghubungkannya dengan Islamic State di Somalia.” Artikel itu berlanjut dengan menyatakan bahwa Fiile, seorang mantan komandan Shabaab, awalnya berselisih dengan Shabaab pada 2016 setelah Shabaab membunuh Bashir Abu Numan.

Abu Numan adalah salah satu komandan Shabaab pertama yang membelot ke Islamic State, tetapi ia dibunuh oleh pasukan keamanan internal Shabaab, Amniyat, pada akhir 2015. Sejak itu, Amniyat telah memburu dan membunuh puluhan mantan anggota dan pemimpin Shabaab yang membelot ke Islamic State atau yang menyatakan simpati pro Islamic State.

Baca juga: 

Fiile dilaporkan memasuki semacam proses rekonsiliasi dengan Shabaab sebelum dibunuh, menurut reporter Garowe dan Voice of America Harun Maruf. Deklarasi Shabaab baru-baru ini tentang perang terhadap Islamic State in Somalia (ISS) kemungkinan menjadi sebab hancurnya perdamaian apa pun yang dicapai keduanya.

Sebelum pembunuhan Fiile kemarin, Shabaab dan gerilyawan yang loyal terhadap ISS bentrok di dekat perbatasan dengan Kenya akhir bulan lalu. Sebelumnya pada pertengahan Desember, Islamic State mengklaim bahwa pasukannya di Somalia berperang dengan Shabaab “barat daya Qandala,” dan bahwa mereka telah membunuh 14 anggota cabang al Qaeda tersebut. Peristiwa terakhir inilah yang mendorong deklarasi perang oleh Shabaab.

Dengan Shabaab yang terus menargetkan anggota ISS dan anggota pro-ISS dalam barisannya sendiri, Fiile tidak akan menjadi komandan terakhir yang dibunuh oleh cabang Al Qaeda di Afrika.

Bagikan

One thought on “Al Shabaab Eksekusi Komandan Pro Islamic State

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X