Mujahidin Somalia Serang Pangkalan Militer Uni Eropa, Al Shabab: 59 Pasukan Salib Tewas

Mujahidin Somalia Serang Pangkalan Militer Uni Eropa, Al Shabab: 59 Pasukan Salib Tewas

SOMALIA (Jurnalislam.com) – Para pejuang Al-Shabab yang bersenjata berat menyerang sebuah pangkalan militer Uni Afrika di sebelah barat daya ibukota Somalia, Mogadishu.

Sekelompok orang bersenjata pada hari Ahad (1/4/2018) meledakkan sedikitnya dua mobil di kamp militer di kota Bulo Marer, lalu terlibat pertempuran dengan tentara dari Misi Uni Afrika di Somalia (African Union Mission in Somalia-AMISOM).

Pertempuran berlangsung selama beberapa jam, menurut warga dan pejabat militer.

Mohamud Jimale, seorang perwira militer Somalia di kota itu, mengatakan kepada media setempat bahwa kelompok terkait al-Qaeda tersebut menderita kerugian besar dalam serangan itu dan mundur setelah pertempuran senjata yang panjang.

Al Shabaab Serang Pangkalan Militer Somalia, 26 Pasukan Tewas

Sementara itu, Abdiaziz Abu Mus’ab, juru bicara militer kelompok Al-Shabab, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka kehilangan 14 pejuang.

“Para Mujahidin memasuki basis tentara salib dan menewaskan paling tidak 59 orang. Para pejuang kami juga menyerang lima pangkalan lainnya,” kata Mus’ab.

Penduduk dekat kota Golweyn juga melaporkan ledakan kendaraan yang menargetkan pasukan Uni Afrika (African Union-AU) pada Ahad pagi.

Al Shabaab Bebaskan 8 Petugas Kemanusian Somalia

Al-Shabab, yang berjuang untuk menggulingkan pemerintah Somalia bentukan AS, secara rutin menargetkan pasukan AU yang ditempatkan di negara itu.

Kelompok jihad itu didesak keluar dari Mogadishu pada tahun 2011 oleh pasukan Somalia yang didukung oleh tentara AMISOM.

Bagikan
Close X