Responsive image

Al Shabab Serang Pangkalan Militer Uni Afrika dengan Bom Mobil

Al Shabab Serang Pangkalan Militer Uni Afrika dengan Bom Mobil

SOMALIA (Jurnalislam.com) – Seorang pembom mengarahkan kendaraan sarat dengan bahan peledak ke sebuah pangkalan militer Uni Afrika di Somalia tengah, menurut seorang pejabat keamanan Somalia.

Serangan hari Selasa (25/10/2016) di Beledweyne tersebut diklaim oleh kelompok bersenjata Somalia, mujahidin al-Shabab, Aljazeera melaporkan.

“Serangan bom mobil yang menargetkan pangkalan militer Djibouti terjadi di Beledweyne Barat,” kata Abdullah Ibrahim, seorang pejabat militer setempat.

Sebuah serangan militer diluncurkan pada tahun 2014 oleh pasukan Uni Afrika dan tentara Somalia mendorong afiliasi al Qaeda, al-Shabab keluar dari pusat strategis utama.

Meski begitu, Al Shabab, tetap memegang kekuasaan atas sebagian besar negara Afrika, masih mengendalikan beberapa daerah pemukiman dan pedesaan.

Somalia telah terlibat dalam konflik dan pelanggaran hukum sejak awal 1990-an menyusul penggulingan Mohamed Siad Barre.

Dibantu oleh pasukan Uni Afrika yang dikenal sebagai AMISOM, militer dukungan AS dan pemerintah pusat Somalia ini telah memperketat cengkeraman mereka di negara tetapi operasi militer oleh al-Shabab terus berlanjut.

 

Bagikan
Close X