Responsive image

Yuk Raih Keutamaan Pahala Setahun Penuh dengan Puasa 6 Hari Bulan Syawal.

Yuk Raih Keutamaan Pahala Setahun Penuh dengan Puasa 6 Hari Bulan Syawal.

JAKARTA (Jurnlislam.com)–Sobat Jurnis, bulan Ramadhan penuh berkah tak terasa telah berakhir dan berganti dengan bulan Syawal, setelah sobat Jurnis melaksanakan puasa selama sebulan penuh, masih ada amalan sunnah lainnya yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Syawal yakni puasa selama 6 hari.

Puasa 6 hari di bulan Syawal sendiri memiliki banyak keutamaan dan menjadi pelengkap ibadah puasa di bulan Ramadhan dan hukumnya sunnah muakad, yakni ibadah sunnah yang sifatnya sangat dianjurkan, sebagaimana sabda nabi Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Rasulullah telah menjabarkan lewat sabda beliau:

“Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas ‘Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.”

Dalam sebuah riwayat berbunyi:

“Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun.”
(H.R An-Nasa’i dan Ibnu Majah dan dicantumkan dalam Shahih At-Targhib).

Ibnu Khuzaimah meriwayatkan dengan lafazh:

“Puasa bulan Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan. Sedang puasa enam hari bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Itulah puasa setahun penuh.”

Para ahli fiqih madzhab Hambali dan Syafi’i menegaskan bahwa puasa enam hari bulan Syawal selepas mengerjakan puasa Ramadhan setara dengan puasa setahun penuh, karena pelipat gandaan pahala secara umum juga berlaku pada puasa-puasa sunnat. Dan juga setiap kebaikan dilipat gandakan pahalanya sepuluh kali lipat.

Sobat jurnis bisa mengerjakan puasa syawal sejak tanggal kamis (6/6/2019) hingga rabu (3/7/2019) dan bisa dilakukan selama 6 hari berturut atau jika merasa kesulitan bisa tidak berurutan asal genap 6 hari dan masih di bulan Syawal.

Dengan banyaknya pahala dan keutamaan dari puasa 6 hari di bulan syawal tersebut, tunggu apalagi sobat jurnis, Kuy..!! untuk melakukan puasa 6 hari di bulan syawal.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X