Turki: Kasus Khashoggi Kami akan Sampaikan ke Dunia Secara Tranparan

Turki: Kasus Khashoggi Kami akan Sampaikan ke Dunia Secara Tranparan

TURKI (Jurnalislam.com) – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada hari Jumat (19/10/2018) mengatakan hasil penyelidikan terhadap hilangnya wartawan Saudi Jamal Khashoggi akan dibagikan kepada dunia “secara transparan”, Anadolu Agency melaporkan.

Cavusoglu, yang sedang berkunjung ke Albania, sedang berbicara pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Albania, Ditmir Bushati.

“Kami memiliki beberapa informasi dan bukti berdasarkan penelitian dan penyelidikan atas kasus ini, tetapi kami akan membaginya dengan dunia setelah semuanya diungkapkan secara transparan,” kata Cavusoglu.

Baca juga: Komite Perlindungan Wartawan: Turki Harus Desak PBB Segera Selidiki Kasus Khashoggi

Khashoggi telah hilang sejak 2 Oktober ketika dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul.

Pada hari yang sama dengan hilangnya Khashoggi, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi konsulat sementara Khashoggi masih di dalam gedung, menurut sumber-sumber polisi Turki. Semua individu yang diidentifikasi telah meninggalkan Turki.

Baca juga:Sebelum Khashoggi Dimutilasi Ajudan Pangeran Salman Terlihat di Konsulat Saudi

Pada hari Rabu, unit investigasi TKP tiba di kediaman resmi Konsul Jenderal Saudi Mohammad al-Otaibi sekitar jam 4.40 sore. waktu setempat (1340GMT). Al-Otaibi meninggalkan Turki menuju Riyadh pada hari Selasa.

Pejabat dari tim gabungan Turki-Saudi menyelesaikan penyelidikan atas kasus ini Kamis pagi setelah menyisir tempat tinggal serta Konsulat Saudi di Istanbul.

Tim Turki mengakhiri pencariannya setelah sembilan jam, kemudian pergi, tetapi kembali lagi ke Konsulat Saudi untuk terus mencari bukti.

Baca juga:Begini Pesan Terakhir Khashoggi pada Pemuda Arab sebelum Terbunuh

Hasil pemeriksaan, termasuk hasil laboratorium, sedang menunggu sekarang, kata Cavusoglu.

Menteri Turki menolak tuduhan bahwa mereka telah menyerahkan rekaman audio mengenai hilangnya Khashoggi ke Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo atau pejabat AS lainnya.

“Turki “tidak mungkin” menyerahkan rekaman audio apa pun terkait penghilangan Khashoggi ke Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo atau pejabat AS lainnya.”

 

 

Bagikan

2 thoughts on “Turki: Kasus Khashoggi Kami akan Sampaikan ke Dunia Secara Tranparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X