Syiah Houthi Bunuh 12 Warga Sipil di Aden, Yaman

YAMAN (Jurnalislam.com) – Pasukan tank dan penembak jitu Houthi menewaskan sedikitnya 12 warga sipil semalam di Aden Yaman saat mereka maju ke arah pusat kota, warga mengatakan, dan koalisi yang dipimpin Arab menerjunkan senjata untuk pejuang anti-Houthi di kota Taiz, al arabiya melaporkan Rabu (29/04/2015).

Pejuang lokal yang didukung oleh serangan udara koalisi nasional Arab telah memerangi  Syiah Houthi sekutu Iran selama satu bulan, tetapi pada hari Rabu pemberontak telah mengambil alih  beberapa jalan lainnya di kota pelabuhan tersebut.

Para pemberontak Syiah Houthi merebut ibukota Sanaa pada bulan September, menuntut pemerintahan yang lebih inklusif, dan menyapu wilayah selatan, membuat khawatir eksportir minyak dunia atas, yaitu Arab Saudi dan sekutunya, yang kuatir akan timbulnya perluasan pengaruh Iran di wilayah tersebut.

Pertempuran masih berkecamuk di distrik Khor Maksar Aden, yang dipandang sebagai benteng utama melawan Houthi, Rabu pagi.

Warga dan pejabat kota mengatakan Houthi menyerbu gedung-gedung pemerintah dan lingkungan perumahan yang dikendalikan oleh lawan bersenjata mereka, dan puluhan keluarga telah melarikan diri.

"Dunia, koalisi Arab dan PBB perlu melakukan langkah mendesak untuk menyelamatkan lingkungan kita, yang benar-benar telah menjadi daerah bencana setelah penembakan tanpa pandang bulu oleh Houthi ini," kata seorang warga, Ali Mohammed Yahya.

Beberapa serangan udara Arab menghantam posisi pemberontak Houthi di pinggiran kota, kata warga.

Sekitar 200 km ke utara, pesawat Arab menjatuhkan senjata untuk milisi suku dan Islam yang sedang memerangi Houthi di kota Taiz, dengan artileri berat di jalan-jalan kota selama berhari-hari.

Meskipun diserang pemboman berminggu-minggu, Houthi tetap mempertahankan posisi dominan mereka di bidang pertempuran di Yaman, yang telah hampir tidak bergerak, dan tidak ada kemajuan yang terlihat mengenai pembicaraan damai.

Pembicaraan dengan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi runtuh pada awal April dan ia pergi ke pengasingan.

Pertempuran terjadi saat pasukan Syiah Houthi sekutu Iran bergerak ke selatan, berperang dengan unit tentara loyalis pemerintah, suku sunni dan mujahidin Al Qaeda di Yaman, AQAP.

Deddy | Alarabiya | Reuters | Jurniscom

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X