Seruan Anies soal Shalat Jumat: Bawa Sejadah hingga Hindari Jabat Tangan

Seruan Anies soal Shalat Jumat: Bawa Sejadah hingga Hindari Jabat Tangan

JAKARTA (jurnalislam.com)- Gubenur Jakarta Anies Baswedan menghimbau kepada umat Islam di Jakarta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus Covid-19.

Anies meminta agar jamaah membawa sajadah maupun alas sendiri saat akan melakukan shalat Jum’at atau shalat berjamaah di masjd.

“Pertama, saat berjamaah shalat Jum’at dan shalat jamaah lainnya di masjid, bawalah sajadah sendiri atau bawalah sapu tangan untuk alat sujud,” katanya jum’at, (13/3/2020).

Selanjutnya, ia meminta agar umat Islam melakukan cuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah kegiatan shalat Jum’at.

Anies juga menyarankan agar para masyarakat untuk sementara waktu berusaha menghindari kontak langsung dengan orang lain.

“Ketiga, untuk sementara waktu hindari jabat tangan, hindari cium pipi, gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan,” paparnya.

Lebih lanjut, bagi yang sedang flu, katanya, dan sedang batuk maka gunakan masker.

“Dan bila tiba tiba akan batuk atau bersin maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan,” tandasnya.

Anis beralasan bahwa hal tersebut sebagai bentuk upaya Pemprov DKI dalam rangka melakukan upaya pencegahan terhadap virus-19 yang telah memakan ribuan nyawa di seluruh dunia tersebut.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X