Demi AS dan Israel, Trump Tetap Bela Arab Saudi Meski MBS Bunuh Khashoggi

Demi AS dan Israel, Trump Tetap Bela Arab Saudi Meski MBS Bunuh Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Selasa (20/11/2018) bahwa Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman mungkin telah mengetahui tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, tetapi dia bermaksud untuk “tetap menjadi mitra setia” dengan kerajaan.

“Agen-agen intelijen kami terus menilai semua informasi, tetapi sangat mungkin bahwa Putra Mahkota memiliki pengetahuan tentang peristiwa tragis ini – mungkin dia melakukannya dan mungkin dia tidak!” Kata Trump dalam sebuah pernyataan Gedung Putih.

Pernyataan itu muncul setelah sebuah laporan di mana CIA menyimpulkan dengan keyakinan tinggi bahwa Muhammad bin Salman (MBS) memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Presiden juga mengatakan kontrak yang ditandatangani dengan Arab Saudi senilai sekitar $ 450 miliar telah menciptakan ribuan lapangan pekerjaan, dan “telah bekerja erat” dengan AS untuk menstabilkan harga minyak.

Dari investasi $ 450 miliar, Arab Saudi berjanji untuk membeli senjata senilai $ 110 miliar, namun, beberapa analis pertahanan hanya menetapkan $ 14,5 miliar dalam penjualan tercatat, menurut New York Times.

“Amerika Serikat bermaksud untuk tetap menjadi mitra setia Arab Saudi untuk memastikan kepentingan negara AS, Israel dan semua mitra lain di kawasan itu,” kata Trump.

Baca juga:

“Saya mengerti ada anggota Kongres yang karena alasan politik atau lainnya, ingin pergi ke arah yang berbeda – dan mereka bebas untuk melakukannya,” tambah Trump. “Saya akan mempertimbangkan ide apa pun yang disajikan kepada saya, tetapi hanya jika mereka konsisten dengan keamanan dan keselamatan mutlak Amerika.”

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Saudi untuk The Washington Post, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah awalnya mengatakan dia meninggalkan konsulat dalam keadaan hidup, pemerintah Saudi mengakui beberapa pekan kemudian bahwa dia terbunuh di sana.

 

Bagikan

2 thoughts on “Demi AS dan Israel, Trump Tetap Bela Arab Saudi Meski MBS Bunuh Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X