Rekaman Video Tas Berisi Potongan Tubuh Khashoggi Bocor ke Media Turki

Rekaman Video Tas Berisi Potongan Tubuh Khashoggi Bocor ke Media Turki

TURKI (Jurnalislam.com ) – Rekaman video yang bocor ke media Turki menunjukkan tim eksekutor Saudi di Istanbul membawa tas yang dikatakan berisi potongan tubuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi yang terbunuh.

Video itu memperlihatkan kedatangan beberapa anggota tim di kediaman konsul jenderal Saudi di Istanbul pada hari ketika Khashoggi terbunuh di dalam konsulat Saudi, beberapa ratus meter dari kediaman itu, lansir Aljazeera, Ahad (30/12/2018).

Salah satu anggota tim pembunuh terlihat membawa tas, yang menurut media Turki, mungkin berisi bagian tubuh wartawan, yang merupakan seorang kritikus bagi Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Khashoggi memasuki konsulat Saudi pada 2 Oktober untuk mendapatkan dokumen yang menyatakan dia menceraikan mantan istrinya sehingga dia bisa menikah lagi. Dia terbunuh dan terpotong-potong di dalam konsulat, dalam apa yang disebut Turki sebagai “pembunuhan berencana” yang dirancang oleh pemerintah Saudi.

Para pejabat Saudi membantah klaim Turki itu, bersikeras Khashoggi tewas dalam “operasi jahat”, setelah awalnya mengklaim ia telah meninggalkan gedung sebelum menghilang.

Turki mengatakan pembunuhan itu diperintahkan oleh seseorang di tingkat tertinggi kepemimpinan Saudi, menyiratkan Pangeran Mohammed berada di balik pembunuhan itu. Kerajaan mempertahankan bahwa sang pangeran, juga dikenal sebagai MBS, tidak mengetahui tentang pembunuhan itu.

Sinem Koseoglu dari Al Jazeera, melaporkan dari Istanbul, mengatakan video tersebut pertama kali ditayangkan di saluran baru Turki A Haber, yang mengambil rekaman melalui Ferhat Unlu, seorang jurnalis dengan unit investigasi surat kabar Daily Sabah.

Baca juga: 

Publikasi ini dikenal karena kedekatannya dengan intelijen Turki dan telah melaporkan serangkaian kebocoran dari penyelidikan Turki terhadap pembunuhan Khashoggi.

Wartawan tersebut baru-baru ini merilis buku yang ditulis bersama pihak lain tentang pembunuhan itu.

“Wartawan itu mengatakan tidak ada bukti bahwa barang bawaan yang dibawa oleh tim pembunuh diambil dari kediaman konsul. Karena itu, kami menghadapi pertanyaan baru,” Kaseoglu melaporkan.

“Kediaman konsul jenderal telah digeledah, tetapi ada sebuah sumur di mana Saudi tidak membiarkan para penyelidik Turki menyelidiki dengan teliti. Foto-foto baru ini telah mengubah arah penyelidikan,” tambah Koseoglu.

Pada Ahad malam, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melakukan panggilan telepon dengan mantan menteri luar negeri Arab Saudi dan menteri negara saat ini yang bertanggung jawab atas urusan luar negeri, Adel al-Jubeir. Belum jelas apa yang dibahas dalam percakapan itu.

Bagikan

One thought on “Rekaman Video Tas Berisi Potongan Tubuh Khashoggi Bocor ke Media Turki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.