Kasus Khashoggi Belum Kelar Tiba-tiba Raja Arab Ganti Menlu Adel al Jubeir

Kasus Khashoggi Belum Kelar Tiba-tiba Raja Arab Ganti Menlu Adel al Jubeir

ARAB SAUDI (Jurnalislam.com) – Raja Arab Saudi King Salman telah menunjuk menteri luar negeri baru sebagai bagian dari perombakan besar kabinet, menurut media pemerintah Saudi.

Sebuah dekrit kerajaan menetapkan Ibrahim al-Assaf sebagai menteri luar negeri baru, dengan menurunkan kepala diplomat Adel al-Jubeir yang akan keluar sebagai pejabat menteri luar negeri untuk urusan luar negeri.

Perombakan pada hari Kamis (27/12/2018) itu adalah yang pertama sejak pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada bulan Oktober oleh pasukan pembunuh Saudi.

Kematian itu memicu kemarahan internasional dan membahayakan hubungan Riyadh dengan sekutu baratnya.

Turki dan badan-badan intelijen barat telah mengisyaratkan atau secara langsung menyebut putra Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, sebagai dalang di balik pembunuhan itu tetapi raja menetapkan bahwa pewarisnya tidak berubah dalam perombakan terbaru.

Marwan Kabalan, kepala analisis kebijakan di Pusat Penelitian dan Kebijakan Arab, mengatakan langkah itu tidak mengejutkan karena al-Jubeir dipandang sebagai “sisa dari era (mendiang) Raja Abdullah”.

Baca juga: 

“Kami sudah memperkirakan al-Jubeir akan keluar. Bahkan sebelum kasus Khashoggi,” kata Kabalan merujuk pada pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober.

“Tapi aku sekarang berpikir dia telah digunakan sebagai kambing hitam lain dalam masalah ini.”

Pihak berwenang di Riyadh mengakui pembunuhan kritikus pemerintah tersebut terjadi dalam sebuah operasi yang mereka gambarkan dilakukan oleh “elemen jahat.”

“Saya pikir dia akan keluar sekarang – mungkin pada waktu yang tepat menurut Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Seperti yang saya katakan, putra mahkota ingin menggunakan seseorang sebagai kambing hitam dan juga meminta pertanggungjawabannya,” tambah Kabalan.

“Karena konsul jenderal Saudi di Istanbul sangat terlibat dalam pembunuhan Khashoggi dan itu akan jatuh di bawah al-Jubeir.”

Seorang mantan menteri keuangan, al-Assaf, adalah di antara puluhan anggota keluarga kerajaan, pejabat pemerintah, dan pengusaha terkenal yang ditahan selama “pembersihan anti-korupsi” pada November 2017.

Perubahan penting lainnya termasuk penunjukan Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdulaziz sebagai kepala Garda Nasional, menggantikan Pangeran Miteb bin Abdullah.

Jenderal Khalid bin Qirar al-Harbi juga ditunjuk sebagai kepala keamanan umum, sementara Musaed al-Aiban diangkat sebagai penasihat keamanan nasional.

Bagikan

One thought on “Kasus Khashoggi Belum Kelar Tiba-tiba Raja Arab Ganti Menlu Adel al Jubeir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X