Perundingan Suriah: Proposal Komite Kontitusional Disahkan Tanpa Delegasi Oposisi

Perundingan Suriah: Proposal Komite Kontitusional Disahkan Tanpa Delegasi Oposisi

SOCHI (Jurnalislam,com) – Proposal untuk membentuk sebuah komite konstitusional disahkan pada hari Selasa (30/1/2018) di Kongres Dialog Nasional Suriah di kota Sochi, Rusia, yang diselenggarakan oleh Ankara, Teheran, dan Moskow, Anadolu Agency melaporkan.

Para pihak pada kongres dua hari tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan akhir bahwa mereka ingin mengakhiri konflik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut sesegera mungkin.

Pernyataan tersebut juga meminta “semua teman Suriah untuk mengambil seluruh langkah yang diperlukan untuk membantu negara tersebut bergabung kembali ke dalam masyarakat internasional dan mengembalikan statusnya sebagai anggota terhormat.”

“Untuk itu kami sepakat untuk membentuk sebuah komite konstitusional yang terdiri dari delegasi Pemerintah Republik Arab Suriah bersama dengan perwakilan luas delegasi untuk merancang sebuah reformasi konstitusional sebagai kontribusi terhadap penyelesaian politik di bawah naungan PBB sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan 2254 ,” kata pernyataan tersebut.

Perundingan Damai Suriah di Sochi Dihadiri Semua Elemen kecuali Faksi Jihad

Komite konstitusi akan mencakup “pemerintah, perwakilan oposisi, pakar Suriah, masyarakat sipil, independen, pemimpin suku dan kelompok perempuan,” menurut pernyataan tersebut.

Ditambahkan bahwa kesepakatan akhir mengenai mandat dan kerangka acuan, wewenang, peraturan prosedur, dan kriteria seleksi untuk komposisi komite harus dicapai dalam proses Jenewa yang dipimpin oleh PBB.

Pernyataan tersebut meminta sekretaris jenderal PBB untuk menunjuk utusan khususnya ke Suriah demi membantu tugas komite konstitusional di Jenewa.

Sebelumnya pada hari Selasa, oposisi Suriah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam pertemuan puncak Sochi dan sebaliknya mengumumkan bahwa Turki dapat melakukannya atas namanya, kata sumber diplomatik yang tidak dikenal.

Delegasi oposisi Suriah tiba di Sochi untuk pertemuan puncak tersebut namun kemudian berubah pikiran saat mereka melihat gambar dengan bendera rezim Suriah di atasnya. Setelah itu, mereka memberi Turki wewenang untuk mewakilinya di pertemuan puncak, kata sumber tersebut.

Bagikan
Close X