Responsive image

Perundingan Damai Suriah di Sochi Dihadiri Semua Elemen kecuali Faksi Jihad

Perundingan Damai Suriah di Sochi Dihadiri Semua Elemen kecuali Faksi Jihad

SOCHI (Jurnalislam.com) – Perundingan damai Suriah dimulai Senin (29/1/2018) di kota Sochi, Rusia selatan, sebagai bagian dari Kongres Dialog Nasional Suriah, yang diselenggarakan oleh Ankara, Teheran dan Moskow.

Kongres tersebut akan dihadiri oleh semua sektor masyarakat Suriah kecuali faksi jihad.

PBB pekan lalu mengumumkan partisipasi Staffan de Mistura, utusan khusus untuk Suriah, yang tiba di Sochi hari Senin.

Perwakilan Iran, Rusia, Turki dan Mistura akan mengadakan konsultasi pada hari Senin, Alexander Lavrentiev, utusan Rusia ke Suriah, mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS, lansir Anadolu Agency.

Komite Negosiasi Tinggi oposisi Suriah (HNC), bagaimanapun, mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka tidak akan ambil bagian dalam pertemuan tersebut.

Putaran Kedelapan Perundingan Damai Suriah, Oposisi: Hapus Assad dalam Daftar Pemilihan Baru

“Kami sangat menyesalkan bahwa pimpinan Komite Negosiasi Tinggi oposisi Suriah yang mengambil bagian dalam perundingan antar-Suriah di Wina di bawah kepemimpinan Staffan de Mistura membuat pernyataan tentang keengganan mereka untuk ambil bagian dalam kongres tersebut. Kami berharap akal sehat akan menang,” kata Lavrentiev.

“Undangan masih tetap di atas meja.”

Tujuan utama pembicaraan tersebut adalah untuk menemukan solusi politik terhadap konflik di Suriah.

Mesir, Irak, Arab Saudi, Lebanon, Yordania, dan Kazakhstan termasuk di antara negara-negara yang diundang sebagai pengamat.

Sebelumnya, Moskow telah mengatakan bahwa 1.600 undangan telah dikirim. Pemerintah Suriah mengkonfirmasi partisipasi delegasi 680 orang, sementara oposisi Suriah akan diwakili oleh 400 peserta.

Sementara itu, sedikitnya 90 anggota oposisi – Turkmen, Kurdi, dan Arab – berangkat dari Ankara dan diperkirakan tiba di Sochi hari ini.

Namun kedatangan mereka di Sochi tidak sesuai dengan jumlah yang diundang, dengan hanya sekitar setengah dari delegasi yang diperkirakan akan tiba di kota Rusia pada hari Senin, kata sumber yang dekat dengan konferensi yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan untuk berbicara dengan media.

Perundingan Damai Suriah di Sochi dalam Pemberitaan Media di Dunia

Selain itu, berbagai delegasi dilaporkan disediakan akomodasi yang berjauhan satu sama lainnya, untuk menghindari kemungkinan gesekan atau bahkan pertempuran, menurut sumber diplomatik anonim.

AS, Inggris, dan Prancis sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka tidak mengirim pengamat ke kongres tersebut.

Kongres utama akan dimulai besok dengan pidato pembukaan dan tertutup bagi pers.

Sebuah deklarasi terakhir akan diumumkan pada akhir kongres.

Delegasi Turki diketuai oleh Deputi Menteri Luar Negeri Sedan Onal, sementara Lavrentiev memimpin tim Rusia, dan Wakil Menteri Luar Negeri Hossein Jaberi Ansari memimpin delegasi Iran.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri zionis Netanyahu yang sedang berkunjung membahas konferensi Sochi dalam pertemuan mereka di Moskow pada hari Senin, asisten Putin, Yuri Ushakov mengatakan kepada wartawan, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Bagikan
Close X