Pertemuan Sub Regional Sepakat Tangkal Terorisme di Media Sosial

Pertemuan Sub Regional Sepakat Tangkal Terorisme di Media Sosial

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, menyatakan, pemerintah Indonesia dan delapan negara peserta Sub Regional Meeting on Counter Terrorism (SRM on CT) sepakat untuk memerangi pergerakan terorisme di media sosial.

“Jadi kita telah menyepakati kesepakatan bersama walau regulasinya berbeda karena undang-undang di setiap negara pasti berbeda,” katanya saat konferensi pers usai pertemuan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakpus, Selasa (06/11/2018).

Ia menuturkan, dalam pertemuan itu, negara perserta sepakat untuk mengajak pihak swasta khususnya pengelola media sosial bekerja sama memblok akun-akun yang digunakan untuk kejahatan.

“Sehingga tadi sudah ada kesepakatan bersama bahwa nanti working group kemudian akan mengembangkan apa yang bisa kita lakukan secara efektif, aksi bersama untuk menanggulangi bagaimana penggunaan media sosial untuk kejahatan ini dapat kita reda bersama,” ujarnya.

“Nanti kan kesepakatannya sama tapi aksinya bisa berbeda. Bobot aksinya bisa beda,” sambung dia.

Wiranto mencontohkan, di Cina, situs-situs yang ditengarai mengandung unsur terorisme akan langsung ditindak tanpa kompromi. “Berbeda dengan di Indonesia. Harus ada mediasi terlebih dulu dan ini itu,” ungkapnya.

Selain Indonesia dan Australia, pertemuan ini juga melibatkan beberapa negara yakni Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura dan Thailand.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X