Pentingya Makanan Halal dan Baik dalam Islam

Pentingya Makanan Halal dan Baik dalam Islam

JURNALISLAM.COM – Makanan sehat dan halal bagi umat muslim mempunyai kedudukan yang sangatlah penting. Hal ini merupakan syarat utama bagi manusia untuk hidup sehat dan berkah. Manusia adalah makhluk yang memiliki potensi mempertahankan hidupnya dengan beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan alam semesta dan segala macam isinya untuk kepentingan manusia. Kalau manusia mampu memanfaatkannya, maka ia akan mendapatkannya. Sebaliknya, barang siapa tidak dapat menggunakannya secara baik, manusia akan memperoleh kekecewaan dan kegagalan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kenikmatan kepada manusia untuk memakan makanan yang ada di muka bumi ini dengan sesuka hati. Namun pada saat yang sama Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga memberikan penegasan terhadap makanan yang tidak boleh atau haram dimakan. Dan pentingnya memakan makanan yang sehat dan halal.

Makanan yang sehat dan halal atau dalam Islam disebut halalan thayyiban sangat baik dan penting dikonsumsi bagi manusia. Makanan itu berguna bagi kualitas kesehatan jasmani maupun rohani. Manusia yang memakan makanan sehat dan halal akan terhindar dari berbagai penyakit yang sering bersarang di tubuhnya.

Akal pikiran dan hati nuraninya akan terjaga dari hal-hal yang merusak ibadahnya. Sebaliknya, makanan yang haram yang terdapat dalam perut akan merusak jaringan otak, menimbulkan penyakit, dan melalaikan untuk mengingatkan diri kepada Allah swt.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X