Pendiri FIS Aljazair, Dr Abassi Madani Wafat di Qatar

Pendiri FIS Aljazair, Dr Abassi Madani Wafat di Qatar

DOHA (Jurnalislam.com) – Pendiri partai oposisi Aljazair, Dr. Abassi Madani yang mendorong pembentukan negara Islam meninggal pada Rabu (24/4/2019) di Qatar, tempat dia tinggal dalam pengasingan.

“Abassi Madani meninggal pada usia 88 tahun di rumah sakit Doha setelah menderita sakit yang lama,” kata rekannya sesama pendiri, Ali Belhadj, yang mendapat kabar tersebut dari kerabat Madani.

Madani, yang telah tinggal di Qatar sejak 2003, mendirikan Front Keselamatan Islam (FIS) bersama Belhadj pada 1989. Ia menyerukan perjuangan bersenjata pada 1992 setelah militer Aljazair membatalkan pemilihan legislatif multi-partai pertama negara itu yang dimenangkan FIS.

Menurut laporan, konflik yang berkelanjutan telah memakan korban hingga 200.000 orang tewas. “Madani ingin dimakamkan di Aljazair, tetapi saya tidak tahu apakah itu mungkin,” kata Belhadj menambahkan.

Baca juga: Partai FIS, Front Penyelamat di Bawah Todongan Senjata Militer

Mantan kepala sayap bersenjata FIS Madani Mezrag juga mengonfirmasi kematian Madani. Kepada AFP, dia mengatakan telah diberi tahu oleh kerabat keluarga.

Madani dianggap memiliki peran sentral dalam konflik yang panjang di negara itu antara pasukan keamanan melawan kelompok-kelompok bersenjata Islam.

Dia dipenjara pada 1991, hingga akhirnya menyerukan diakhirinya kekerasan pada 1999, di mana kelompoknya meletakkan senjata. Madani dibebaskan pada tahun 2003 setelah menjalani hukuman 12 tahun, namun dilarang dari kegiatan politik apa pun.

Madani meninggalkan Aljazair dengan alasan kesehatan setelah kembali menyerukan perjuangan bersenjata dan pindah dari Malaysia ke Arab Saudi lalu ke Qatar.

Di pengasingan, dia mengecam invasi AS ke Irak dan menyerukan warga Aljazair untuk memboikot pemilu pada tahun 2012. Kematiannya menyusul pergolakan politik di tanah airnya setelah presiden lama Abdelaziz Bouteflika digulingkan oleh protes massa.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X