Responsive image
Responsive image
Responsive image

MUI Dorong UMKM Ikuti Program Sertifikasi Halal

MUI Dorong UMKM Ikuti Program Sertifikasi Halal

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta melalui Bidang Ekonomi, menyelenggarakan webinar Jakarta Halal Centre dengan tema “Antara Kewajiban dan Manfaat Sertifikat Halal dalam Membangun Bisnis UMKM” pada Rabu (8/9).

Hadir dalam webinar tersebut, ketua umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar, Penggagas Jakarta Halal Centre drg Deden Edi, kontributor UMKM Mochamad Sutarsono dan pendamping UMKM DKI Jakarta Bambang Pranoto.

Dalam sambutannya Kiai Munahar Muchtar mengatakan di masa pandemi ini, terasa sekali perhatian seluruh energi bangsa tercurah dalam penanggulangan pandemi di sektor kesehatan, sehingga faktor ekonomi seolah terpinggirkan. Hal ini berdampak kepada daya beli dan perputaran uang di kalangan masyarakat yang menurun.

Terlebih para UMKM yang sekarang sedang terserak diterpa badai pandemi, sehingga perlu adanya percepatan pertumbuhan UMKM agar lebih maju lagi.”Webinar ini diharapkan akan mempersiapkan UMKM dalam menghadapi pandemi dan pasca pandemi, karena jika tidak dibantu maka percepatan pertumbuhan UMKM akan terhambat.” ujar Kiai Munahar Muchtar.

Kiai Munahar Muchtar menambahkan kewajiban untuk bersertifikasi halal, sejalan dengan manfaat yang diperoleh, yaitu membangun kepercayaan masyarakat bahwa produk yang dihasilkan halal dan dapat dipasarkan dengan baik ke masyarakat luas. “Perlu diingat bukan hanya halal saja, akan tetapi thoyib dan suci,” ujarnya.

Sementara itu, drg Deden Edi menyampaikan dalam pemaparannya, bahwa saat ini adalah saat yang tepat dalam mempersiapkan UMKM untuk naik kelas, yaitu melengkapi usahanya dengan legalitas juga sertifikat halalnya, sehingga ketika pasar sudah pulih dan sertifikat halal sudah siap, menjadikan UMKM siap bersaing dan lebih berani berekspansi di pasar.

“Jakarta Halal Center yang akan menjadi wadah berkumpulnya UMKM di bawah MUI DKI ini, diharapkan  dapat memberikan kontribusi dalam menghimpun dan membangkitkan semangat UMKM dalam menjalankan usahanya,” kata drg Deden, yang juga sebagai sekretaris bidang Ekonomi MUI DKI Jakarta.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh 350 peserta yang terdiri dari pengurus MUI DKI Jakarta, UMKM se-Indonesia, Komunitas Bisnis Jakarta Halal Centre, komunitas bisnis binaan.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X