Mesir Tengahi Gencatan Senjata Hamas dengan Israel

Mesir Tengahi Gencatan Senjata Hamas dengan Israel

YERUSALEM (Jurnalislam.com) – Gencatan senjata yang ditengahi Mesir antara Israel dan Hamas akhirnya dicapai setelah beberapa pekan diplomasi antar-jemput yang intens oleh para pejabat Mesir, faksi-faksi perlawanan Islam Palestina yang bermarkas di Gaza mengumumkan Selasa malam (13/11/2018).

“Upaya Mesir telah berhasil memadamkan gencatan senjata antara faksi perlawanan dan musuh [yaitu, Israel],” faksi menyatakan dalam pernyataan bersama.

“Faksi perlawanan akan berkomitmen pada ketentuan perjanjian selama Israel melakukan hal yang sama,” kata pernyataan itu.

Sementara itu kabinet Israel telah menginstruksikan tentara untuk melanjutkan operasi militer di Gaza “sebagaimana diperlukan”, menurut pernyataan resmi.

Baca juga: 

Pengumuman muncul setelah dua hari eskalasi militer antara Israel dan faksi perlawanan Islam Palestina.

Sejak Ahad, sedikitnya 14 warga Palestina telah menjadi martir – oleh serangan brutal udara dan artileri penjajah Israel – pada warga Palestina di Jalur Gaza yang diblokade.

Dan pada Ahad malam, tujuh orang Palestina menjadi martir, termasuk seorang komandan senior Hamas, dalam serangan darat Israel yang merusak di Gaza.

Sedikitnya satu perwira Israel dilaporkan tewas dan satu orang lainnya terluka selama serangan mematikan itu.

Militer Israel mengklaim serangan itu sebagai tanggapan terhadap tembakan roket dari Gaza ke Israel selatan.

Sejak 30 Maret, lebih dari 200 warga Palestina telah menjadi martir oleh tembakan membabi buta  pasukan  zionis – dan ribuan lainnya terluka – saat mengambil bagian dalam aksi protes yang sedang berlangsung di sepanjang zona penyangga Gaza-Israel.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X