Menristek Sebut Ventilator Buatan Indonesia Siap Bulan Mei

Menristek Sebut Ventilator Buatan Indonesia Siap Bulan Mei

JAKARTA (Jurnalislam.com)– Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi, Bambang Brodjonegoro mengatakan alat ventilator buatan dalam negeri telah memasuki tahap uji klinis. Ia mengungkapkan, ada empat prototipe ventilator yang sedang uji klinis setelah melalui pengujian di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan.

berbagai pihak untuk memproduksi ventilator dalam negeri di tengah pandemi Covid 19. Sebab, selama ini, ujar Bambang, memang tidak ada industri dalam negeri yang membuat ventilator.

“Selama ini kita tergantung impor, namun adanya kebutuhan besar sejak ada Covid 19 maka para peneliti dan rekayasa coba mengembangkan produksi dalam negeri, sebagian lokal konten dengan open source yang ada di belahan dunia,” katanya.

Bambang menargetkan produksi tersebut bisa memenuhi kebutuhan ventilator dalam negeri. Ia menerangkan, setidaknya dibutuhkan 1.000 unit ventilator jenis Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dan sekitar 668 ventilator jenis ambu bag.

“Sejauh ini komunikasi kami dengan Kementerian Kesehatan dibutuhkan kira-kira 1000 ventilator untuk CPAP dan kira-kira 668 ventilator jenis Ambu Bag,” ucapnya.

Bambang menjelaskan, ventilator jenis ambu bag itu bisa dipakai untuk keperluan ruang gawat darurat atau IGD. Sehingga sangat membantu pasien yang berada dalam kondisi darurat.

sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X