Menjaga Keutuhan Bangsa, Bentuk Syukur terhadap Nikmat Kemerdekaan

Menjaga Keutuhan Bangsa, Bentuk Syukur terhadap Nikmat Kemerdekaan

JAKARTA(Jurnalislam.com)– Kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang bangsa. Perjuangan yang dilakukan pun tidak sebentar, namun memakan waktu hingga ratusan tahun.

Oleh karena itu, kemerdekaan yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini harus disyukuri, karena hal tersebut juga merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT).

“Karena itu kita wajib mensyukuri, menghargai, dan juga berterima kasih kepada para pejuang bangsa. Karena Rasulullah mengatakan, man lam yasykurinnasi lam yasykurillah, siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia, dia juga tidak berterima kasih kepada Allah,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam tausiyahnya pada acara Dzikir dan Doa Kebangsaan 77 Indonesia Merdeka di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin malam (01/08/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, salah satu cara mensyukuri nikmat kemerdekaan adalah dengan menjaga keutuhan bangsa. Sehingga, nikmat tersebut tidak diambil kembali oleh Allah SWT.

“Menjadi kewajiban kita adalah menjaga bangsa ini tetap utuh, tetap bercahaya,” tegas Wapres.

“[Jangan Sampai] Allah kemudian mencabut, menghilangkan cahayanya dan meninggalkan kita dalam kegelapan,” tambahnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X