Koalisi Arab Serang Markas Besar Houthi, Pemimpin dan Puluhan Milisi Syiah Tewas

Koalisi Arab Serang Markas Besar Houthi, Pemimpin dan Puluhan Milisi Syiah Tewas

YAMAN (Jurnalislam.com) – Serangkaian pertempuran antara milisi Syiah Houthi Yaman dengan pasukan pemerintah Yaman yang sah mengakibatkan kematian puluhan milisi di sejumlah front di al Jawf pada hari Selasa (05/6/2018), termasuk pemimpin Houthi Moqtada al-Assar yang tewas dalam pertempuran di distrik al-Matoon, Alarabiya melaporkan.

Sumber-sumber militer mengatakan bahwa pertempuran sengit terjadi di distrik al-Matoon, al-Masloob, Khab dan al-Shaaf dan Bart al-Anan di utara dan barat al-Jawf.

Sementara itu, koalisi melakukan serangan udara yang menargetkan markas besar militer Houthi di al-Masloob.

Pemimpin Politik Tertinggi Pemberontak Syiah Houthi Yaman Tewas

Koalisi melakukan beberapa serangan udara lainnya yang juga menargetkan pertemuan militer Houthi di pangkalan-pangkalan utara Imran, dan di Saada selatan serta di Hodeidah, yang menewaskan lusinan milisi.

Operasi-operasi ini terjadi setelah utusan PBB melakukan kunjungan lima hari ke Sanaa di mana dia bertemu dengan beberapa pemimpin Houthi.

Arab Saudi dan Uni Emirat Setuju Yaman Dipecah Jadi Dua

Martin Griffiths merilis sebuah pernyataan sebelum keberangkatannya dari Sanaa yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi kemanusiaan yang memburuk dan waktu yang terbuang dalam negosiasi sebagai solusi politik.

Griffiths menekankan akan melanjutkan upaya meyakinkan semua pihak untuk menghentikan pertempuran di Hodeidah dan membuka kembali bandara di Sanaa untuk penerbangan perdagangan.

Bagikan
Close X