Indonesia dan Australia Gelar Pertemuan Sub-Regional Bahas Terorisme

Indonesia dan Australia Gelar Pertemuan Sub-Regional Bahas Terorisme

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto dan Menteri Dalam Negeri Australia, Petter Dutton memimpin pertemuan Sub Regional Meeting on Counter Terrorism (SRM on CT).

Pertemuan yang digagas pemerintah Indonesia dan Australia ini merupakan upaya dari negara-negara di sub-kawasan guna mengantisipasi dan menanggulangi masalah terorisme. Khususnya dengan melihat perkembangan dan perubahan strategi serta taktik pelaku teror.

Wiranto mengatakan bahwa pola penyebaran paham radikal yang merupakan cikal bakal dari aksi terorisme telah berkembang.

“Para terorism telah memodifikasi strategi serta pola serangan mereka,” katanya di Fairmont Hotel, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakpus, Selasa (6/11/2018).

Wiranto meyakini, dulu pelaku teror beraksi sebagai satu organisasi dalam melakukan serangan. Namun kini serangannya muncul dalam unit yang lebih kecil atau bahkan atas inisiasi sendiri atau lone wolf serta juga melibatkan kaum perempuan dan anak-anak.

Wiranto menegaskan pertemuan bertujuan untuk membangun sinergi antara pemerintah dengan LSM. Khususnya yang bergerak di bidang perlindungan perempuan dan keluarga guna mencegah nilai-nilai ideologis yang bersifat radikal serta dapat memicu terjadinya ekstremisme.

Pertemuan Sub Regional Meeting on Counter Terrorism (SRM on CT) diikuti oleh sembilan negara. Di antaranya Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura dan Thailand.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.