Hidup Halal Jadi Tren Global, Produk Indonesia Berpeluang Pimpin Pasar

Hidup Halal Jadi Tren Global, Produk Indonesia Berpeluang Pimpin Pasar

JAKARTA (Jurnalislam.com)– Kesadaran gaya hidup halal di kalangan umat muslim telah menjadi peluang bisnis menjanjikan di pasar global.

Umat muslim di seluruh dunia memilih mengutamakan produk berlabel halal sehingga kini menjadi tren di dunia.

“Gaya hidup halal sekarang sudah menjadi tren global dan memiliki peluang bisnis di tingkat internasional. Bukan hanya di Indonesia tapi juga sudah merambah ke pasar global,” ujar Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), Sapta Nirwandar, di acara Pesta Wirausaha 2019 di Ancol, Jakarta, Sabtu (26/1/2019) lansir sindonews.com.

Menurut dia, produk halal yang menjadi incaran bukan melulu soal pangan. Juga produk lainnya seperti keuangan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, pelayanan medis, hingga kesenian dan budaya.

Menariknya produk halal ini justru kebanyakan ditawarkan oleh negara non muslim seperti Singapura dan Thailand.

Di Singapura misalnya, terdapat halal food court dan di Korea Selatan terdapat sekitar 150 restoran bersertifikasi halal. Dan Thailand memiliki jaringan Pattaya Halal Restaurant.

“Melihat besarnya peluang bisnis halal, kita harus terus berupaya untuk menjadi leader bisnis halal terutama di ASEAN. Di pariwisata, kita punya 1.000 destinasi wisata. Bagaimana ini dikembangkan dan dikolaborasikan dengan produk-produk domestik halal kita,” kata dia.

Untuk menjadi pemegang pasar halal di ASEAN ataupun global memang tidak mudah. Perlu peran besar dari pemerintah untuk menciptakan regulasi dan strategi secara komprehensif.

“Tidak hanya kompetisi tetapi juga perlunya kolaborasi dalam rangka meningkatkan industri halal,” tandas dia.

Pihaknya juga menekankan perlunya inovasi terkait pemasaran aneka produk halal, sehingga memberikan produk-produk baru yang menarik dan mudah diterima masyarakat.

“Inovasi diperlukan karena jika melihat pasarnya dari tahun ke tahun meningkat. Bahkan telah banyak brand-brand global menghadirkan produk halal,” kata dia.

Sumber : sindonews

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X