Hai Millenials Muslim, Ini Langkah-langkah Gelar Festival Hijrah di Kotamu!

Hai Millenials Muslim, Ini Langkah-langkah Gelar Festival Hijrah di Kotamu!

SERANG (Jurnalislam.com) – Kata Hijrah menjadi trend akhir-akhir ini di kalangan milenial muslim Indonesia, sebuah trend yang sangat positif dan memberi harapan kuat akan kebangkitan Islam dengan pemuda-pemudinya yang berbondong-bondong untuk berhijrah.

Komunitas hijrah bermunculan dan sebuah hal yang membahagiakan, komunitas hijrah ini pun bersinergi menyelenggarakan festival hijrah.

Diawali dengan event Muslim United di Yogyakarta Oktober 2018 yang lalu, kemudian diikuti dengan HijrahFest di Jakarta pada bulan Novembernya, dimana event ini diisi oleh ustadz-ustadz ternama dan artis-artis yang telah berhijrah, event ini menyedot peserta hingga luar kota.

Dan pada tahun 2019 nya Muslim United dan HijrahFest kembali di gelar dengan peserta yang semakin membludak.

Event Muslim United dan HijrahFest menginspirasi komunitas hijrah di daerah-daerah untuk melakukan event yang sama.

Pada tahun 2019 event festival hijrah ini mulai diikuti oleh beberapa daerah seperti Makassar, Palu, Pekanbaru dan Palembang dan di 2020 Banten mulai ikut menyelenggarakan festival hijrah ini, diselenggarakan di kota Serang selama 2 hari tanggal 15-16 Februari 2020 bertajuk ‘Banten Love Hijrah’ dan sampai berita ini turun acara festival hijrah di kota Serang masih berlangsung.

Bazar di Banten Love HIjrah

Banten Love Hijrah

Banten Love Hijrah pun tak kalah dengan festival hijrah lainnya, diramaikan oleh ustadz-ustadz ternama salah satunya Irena Handono, ustadz Farid Okbah, ustadz Tri Asmoro Kurniawan dan artis-artis hijrah ibu kota, stand bazar yang ramai dan  menyedot milenial muslim hadir di event ini.   Bertempat di Lapangan Terbuka tidak jauh dari Masjid, Banten Love Hijrah digelar, tampak megah terlihat festival hijrah di Banten ini.

Komunitas Hijrah yang belum mengadakan festival hijrah di daerahnya tentu penasaran, bagaimana cara menyelenggarakan event besar festival hijrah?

“Langkah awal yang harus dilakukan, komunitas-komunitas hijrah yang ada di kota kita harus bersatu dan sepakat untuk mengadakan festival hijrah ini” jelas Bamas Hidayaturrahman ketua pelaksana Banten Love Hijrah kepada Jurnalislam, Ahad (16/2/2020).

“Jika kita punya channel panitia Muslim United di Yogya dan HijrahFest di Jakarta kita bisa minta sharing ke mereka, namun jika tidak ada channel cukup kita pelajari dari acara-acara mereka” lanjut Bamas lagi.

“Pendanaan pun menjadi hal yang penting namun jangan dijadikan hal yang terpenting karena tentu ada Allah yang menolong untuk mencukupkan jika niat kita karena Allah, tugas kita hanya berusaha mencari sponsorship.

“Menyusun kurikulum materi apa saja yang akan ditampilkan yang memenuhi kebutuhan hijrah dan tentunya menentukan narasumber yang tepat” pungkasnya lagi

“Membutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk menyiapkan acara ini, dan pastinya kita berusaha terbaik dan hasilnya serahkan kepada Allah” jelas Bamas.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X