Gugus Tugas Klaim Berhasil Covid-19 Bisa Kendalikan

Gugus Tugas Klaim Berhasil Covid-19 Bisa Kendalikan

JAKARTA(Jurnalislam.com) — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19mengeklaim, kasus virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) selama tiga bulan terakhir bisa dikendalikan. Bahkan persentase kematian akibat virus ini terus menurun.

Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, penanganan Covid-19 di Tanah Air dalam kurun waktu tiga bulan terakhir menunjukkan tren lumayan.

“Memang kasus Covid-19 meningkat, tetapi kenyataannya tidak seperti proyeksi banyak pihak bahwa kasusnya bisa ratusan ribu,” ujarnya saat konferensi virtual di akun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (19/6).

Selain itu, ia menyebutkan, jumlah kematian akibat Covid-19 semakin menurun, jika awalnya 10 persen dan sekarang berkurang menjadi 5 persen. Tak hanya itu, Wiku menyebutkan, angka kesembuhan juga semakin meningkat yaitu 39,2 persen.  “Jadi kondisinya relatif terkendali,” katanya.

Ia menambahkan, masyarakat yang juga bekerja sama mulai sadar untuk menangani virus ini kemudian membuat situasinya membaik.

Artinya, ia menegaskan, yang memutus mata rantai penyebaran virus adalah masyarakat.

Sebelumnya, pemerintah mencatat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 1.331 orang dalam 24 jam terakhir pada Kamis (18/6).

Angka itu kembali menyentuh rekor tertinggi kasus harian sejak kasus Covid-19 perdana di Tanah Air diumumkan pada awal Maret 2020 lalu.

Dengan penambahan kasus hari ini, angka kumulatif kasus positif di Indonesia sebanyak 42.762 orang.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X