Erdogan Bersumpah akan Memperkuat Kerja Sama dengan Qatar

Erdogan Bersumpah akan Memperkuat Kerja Sama dengan Qatar

ANKARA (Jurnalislam.com) – Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Ahad (13/1/2019) bersumpah dengan mengatakan kerja sama Ankara dengan Qatar akan terus menguat di berbagai sektor termasuk pertahanan, perdagangan, pariwisata dan energi.

“Kami tidak pernah dan tidak akan melupakan solidaritas saudara-saudara Qatar kami yang ditunjukkan kepada negara kami dalam hampir semua masalah – mulai dari upaya kudeta 15 Juli hingga serangan pada Agustus atas nilai tukar [kami] [lira Turki],” kata Erdogan , berbicara pada pertemuan produsen otomotif BMC di provinsi barat laut Turki, Sakarya.

Menggarisbawahi bahwa kemitraan antara kedua negara didasarkan pada model “sama-sama menang (win-win)”, Erdogan mengatakan bahwa Ankara dan Doha mengonsolidasikan persahabatan mereka dalam setiap “bencana” yang mereka hadapi.

Erdogan menggarisbawahi bahwa kemajuan Turki akan terus berlanjut di industri pertahanannya, yang telah mengurangi separuh dari ketergantungan asingnya – dari 80 persen pada 2002 menjadi 35 persen saat ini.

“Kapasitas militer Turki dan kemampuan ekonomi, politik dan diplomatik harus kuat,” katanya, seraya menambahkan bahwa pencegahan sektor pertahanannya “khususnya” harus tinggi.

Baca juga:

Dalam rapat umum terpisah di Sakarya, Erdogan menggarisbawahi dukungan pemerintahnya untuk pengusaha lokal di sektor pertahanan.

“Percayalah, kalau bukan karena kendaraan udara tak berawak (UAV) kami yang bersenjata dan tidak bersenjata, kapal, artileri, rudal, kendaraan lapis baja, sistem komunikasi dan perangkat lunak, mereka tidak akan membiarkan kami bernafas,” katanya.

Erdogan juga menegaskan bahwa pendidikan, kesehatan, keadilan dan keamanan akan menjadi prioritas pemerintahannya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.