Setelah Angkatan Darat, Turki akan Tempatkan Angkatan Laut dan Udara di Qatar

Setelah Angkatan Darat, Turki akan Tempatkan Angkatan Laut dan Udara di Qatar

ANKARA (Jurnalislam.com) – Turki berencana untuk mengerahkan angkatan udara dan angkatan laut ke Qatar selain tentara darat yang sudah ditempatkan di negara tersebut, kata seorang diplomat Turki.

Namun Fikret Ozer, duta besar Turki untuk Qatar, menolak untuk menyatakan batas waktu untuk pindah.

“Menurut kesepakatan yang ditandatangani antara Qatar dan Turki pada 2014, semua pasukan darat, udara, dan angkatan laut akan dikirim ke Qatar,” katanya kepada wartawan di Doha, Rabu (31/1/2018), lansir Aljazeera.

Ankara dan Doha akan menentukan “batas waktu pembangunan infrastruktur yang diperlukan dan kapan pasukan ini akan dikirim melalui perundingan,” katanya.

Qatar Kecam Tuduhan Emirat Arab Mediasi Pemberontak Yaman

Penyebaran yang direncanakan merupakan bagian dari kesepakatan yang juga menetapkan Turki akan mendirikan sebuah kamp militer di Qatar.

Pasukan tentara Turki pertama tiba di pangkalan militer Tariq Bin Ziyad pada tahun 2015.

Kamp yang terletak di selatan Doha, merupakan instalasi pertama Turki di Timur Tengah dan dapat menampung 5.000 tentara.

Ozer juga menolak untuk mengungkapkan jumlah pasukan Turki yang saat ini ditempatkan di Qatar.

“Informasi itu akan diungkapkan jika saudara laki-laki Qatar kami setuju untuk membagikannya,” katanya. “Kami adalah tamu di sini, mereka adalah tuan rumah.”

Doha Selidiki Dugaan UEA Memanipulasi Ekonomi Qatar

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menjadi pendukung utama Doha sejak Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar pada 5 Juni.

Keempat negara Arab tersebut menuduh Doha mendukung “terorisme” dan mendorong hubungan dengan saingan regional Iran. Qatar membantah tudingan tersebut.

Tak lama setelah krisis diplomatik meletus, parlemen Turki dengan cepat menetapkan kesepakatan Qatar-Turki bersamaan dengan kesepakatan lain yang memungkinkan militer Turki melatih pasukan keamanan Qatar.

Ankara juga telah berusaha menengahi antara pihak lawan untuk menemukan solusi terhadap krisis tersebut.

Bagikan
Close X