Trump Hentikan Laporan CIA Terkait Keterlibatan MBS dalam Pembunuhan Khashoggi

Trump Hentikan Laporan CIA Terkait Keterlibatan MBS dalam Pembunuhan Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Melanjutkan perpecahannya dengan komunitas intelijen AS, Presiden AS Donald Trump pada hari Kamis (22/11/2018) menghentikan penilaian CIA bahwa Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) telah memerintahkan pembunuhan seorang jurnalis yang tewas bulan lalu di Konsulat Saudi di Istanbul.

“Mereka tidak menyimpulkan,” kata Trump kepada wartawan di resor Florida-nya, mengambil istirahat untuk liburan Thanksgiving. “Saya minta maaf. Tidak, mereka tidak menyimpulkan. Mereka tidak sampai pada kesimpulan. Mereka memiliki perasaan tertentu. Mereka belum menyimpulkan, saya tidak tahu apakah ada yang bisa menyimpulkan putra mahkota melakukannya.”

Pernyataan Trump melanjutkan pernyataan kontroversialnya pada hari Selasa yang mengatakan kesimpulan bahwa bin Salman memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, “mungkin dia melakukannya dan mungkin dia tidak!”

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Saudi untuk The Washington Post, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah awalnya mengatakan dia meninggalkan konsulat dalam keadaan hidup, beberapa pekan kemudian pemerintah Saudi mengakui dia terbunuh di sana, menyalahkan adanya tindakan berlebihan dari operasi yang dilakukan kelompok Saudi.

Baca juga:

Trump mengatakan kepada wartawan bahwa putra mahkota Saudi membantah pembunuhan itu dengan “sangat berapi-api.”

“Ayahnya, raja [Salman], menyangkalnya dengan penuh semangat. CIA tidak mengatakan mereka melakukannya, mereka menunjukkan hal-hal tertentu dan menunjukkan hal-hal yang dapat Anda simpulkan bahwa mungkin dia melakukannya atau mungkin tidak,” kata presiden.

Dalam pernyataannya di hari Selasa, Trump tetap membela hubungan dengan Arab Saudi meskipun pembunuhan itu benar-benar terjadi dan mengatakan AS mungkin “tidak pernah tahu semua fakta” dan negara akan melanjutkan hubungannya dengan Arab Saudi untuk mengejar kepentingan Amerika.

Senator terkemuka termasuk Senator Republik Bob Corker dan Senator Demokrat Bob Menendez, mengecam Trump atas pernyataannya, mengatakan mereka tidak setuju dengan keputusannya untuk tidak menghukum Arab Saudi atas pembunuhan Khashoggi.

Bagikan

3 thoughts on “Trump Hentikan Laporan CIA Terkait Keterlibatan MBS dalam Pembunuhan Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X