CIA Luncurkan Serangan Drone Rahasia di Suriah

SURIAH (Jurnalislam.com) – CIA dan pasukan khusus AS sedang melakukan serangan rahasia menggunakan drone rahasia  untuk menargetkan dan membunuh pemimpin Jihad di Suriah.

Sebuah serangan drone rahasia yang menargetkan pemimpin Jihad sedang dilakukan oleh pasukan khusus CIA dan AS di Suriah, Washington Post melaporkan pada hari Selasa (02/09/2015).

Menurut koran itu, program klandestin menggunakan drone bersenjata untuk membunuh para pemimpin jihad, dan merupakan sebuah operasi khusus yang terpisah dengan operasi militer Amerika yang lebih luas di wilayah yang dikuasai militan di Suriah dan Irak.

Serangan sedang dilakukan oleh Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC), sedangkan peran utama CIA dalam operasi tersebut adalah mengidentifikasi dan menetapkan lokasi para pemimpin senior Jihad.

Sejauh ini, program tersebut hanya menghasilkan segelintir serangan yang berfokus pada "target bernilai tinggi," kata pejabat kepada Washington Post.

Di antara mereka yang tewas adalah Junaid Hussain, seorang hacker militan dari Inggris yang oleh Pentagon dikatakan merekrut simpatisan ISIS untuk melakukan serangan individu di Barat.

Keputusan untuk menggunakan Central Intelligence Agency's Counterterrorism Center (CTC) dan JSOC dalam operasi mencerminkan meningkatnya kecemasan Amerika terhadap mujahidin, Washington Post melaporkan.

CTC memimpin perburuan Syeikh Osama bin Laden dan JSOC memasukkan tim elit Navy SEAL yang melakukan misi untuk membunuh Amir al-Qaeda, Syeikh Osama bin Laden pada tahun 2011.

Serangan drone secara politik menebar kontroversial di Washington dan Presiden Barack Obama menginginkan agar CIA kembali ke aktivitas inti mereka, yaitu mata-mata, dan meninggalkan operasi paramiliter. Sebaliknya, Obama ingin Pentagon yang mengambil alih serangan drone.

Deddy | AFP | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X