Apa Itu Wakaf?

Apa Itu Wakaf?

(Jurnalislam.com)- Wakaf. Sebagai umat Islam tentu kata itu sering terdengar di telinga kita.

Saat kita hadir di sebuah majelis ilmu, pengajian ataupun saat ceramah ceramah yang dilakukan para dai di atas mimbar.

Ataupun di dunia medsos baik itu Facebook, Youtube maupun pesan Whatshaap di grup grup yang kita miliki

Banyak Dai ataupun penceramah yang mendorong umat Islam untuk berlomba lomba melakukan Wakaf baik dalam bentuk barang, tanah ataupun hal-hal bermanfaat lainnya yang memang dalam Islam diperbolehkan untuk diwakafkan.

Lalu apa sebenarnya arti Wakaf ? Bagaimana Islam memandang Wakaf?

Pengertian Wakaf

Istilah Wakaf sebenarnya berasal dari kata ‘Waqafa’ yang artinya berhenti atau menahan. Pengertian wakaf akan menjadi lebih bervariasai karena didasari oleh pengertian umum maupun khusus. Dan berikut pengertian wakaf dalam Islam yang disampaikan oleh para ulama dilihat dari beberapa sudut pandang.

•Imam Nawawi, menjelaskan bahwa Wakaf adalah sebuah benda yang manfaatnya ditujukan kepada banyak orang dengan status benda tersebut tetap menjadi miliknya. tujuan wakaf dalam istilah ini sebagai bentuk usaha untuk mendekatkan diri pada Allah dengan orang yang berniat memberikan Wakaf.

•Imam Syarkhazi, mengatakan bahwa wakaf adalah mengentikan sebagaian harta tertentu dari status kepemilikan orang lain.

•Syaikh Umairah, mengatakan bahwa wakaf adalah memberikan sebagaian harta kepada golongan tertentu dan dipergunakan sesuai dengan ijin yang diberikan oleh pemiliknya. Pemakaian wakaf hanya sebatas ijin dari pemiliknya dan persetujuan pemiliknya.

Wakaf sendiri menurut undang undang no 41 tahun 2014 adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah. Wakif adalah pihak yang mewakafkan harta benda miliknya. (dbs)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.