1,7 Juta Orang Terdaftar Relawan Desa Tanggap Covid

1,7 Juta Orang Terdaftar Relawan Desa Tanggap Covid

JAKARTA(Jurnalislam.com) — Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, saat ini jumlah relawan desa untuk Covid-19 sudah mencapai 1,7 juta orang.

Apabila penanganan pandemi di desa berfokus pada penguatan pembatasan fisik dan imunitas, maka akan berdampak signifikan terhadap penyelesaian Covid-19 di tingkat nasional.

“Jumlah relawan desa tanggap Covid-19 ini sudah mencapai 1.743.343 orang. Rasionya 82 persen dari 61.670 desa menujukkan jika desa sudah siap sekali untuk lakukan penanganan Covid-19 yang tentu pada proporsi desa yaitu ODP (Orang Dalam Pemantauan) selesai ditangani di desa,” kata Abdul, dalam keterangannya, Kamis (21/5).

Jika merujuk pada rasio itu maka satu relawan bakal tangani 68 warga desa. Jika relawan bertambah maka rasio semakin kecil apalagi tidak semua warga desa membutuhkan penanganan.

“Sampai hari ini, dana desa sudah dipakai untuk desa tanggap Covid-19 atau Relawan Desa Lawan Covid-19 mencapai Rp 2,59 triliun. Ini relatif kecil dengan jumlah desa 74.953,” kata dia menambahkan.

Hal ini, kata Abdul, menujukkan penanganan Covid-19 di tingkat desa cukup efisien dan efektif karena skalanya kecil. Pemetaannya tidak terlalu kompleks, zonasinya mudah dicermati secara lebih massif. Fokusnya tidak lagi bicara wilayah tapi bisa bicara orang atau warga.

Sementara itu, Abdul juga memberikan perkembangan informasi mengenai penambahan ruang isolasi. Hingga saat ini, sebanyak 19.590 desa yang telah miliki ruang isolasi dengan jumlah tempat tidur sebanya 78.360 unit.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X