Walaupun Hujan Deras, Ribuan Warga Solo Tetap Suarakan Solidaritas untuk Uighur

Walaupun Hujan Deras, Ribuan Warga Solo Tetap Suarakan Solidaritas untuk Uighur

SOLO (Jurnalislam.com) – Ribuan umat Islam Soloraya melakukan aksi Solidaritas untuk muslim Uighur di Bundaran Gladak, Solo pada Jum’at (20/12/2019).

Sebelumnya, massa berkumpul di Stadion Manahan kemudian melakukan konvoi menuju Bundaran Gladak untuk melakukan orasi.

Meski hujan turun cukup deras, massa tetap bertahan untuk mendengarkan orasi dari pembicara serta membentangkan spanduk dan poster kecaman untuk pemerintah Cina yang diduga melakukan aksi genosida terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.

Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Dr Muinudinillah Basri mendesak pemerintah untuk segera memutuskan hubungan diplomatik terhadap Cina sebagai bentuk dukungan terhadap muslim Uighur.

“Segera putuskan hubungan Diplomatik dengan Pemerintah Cina jika Muslim Uighur tidak dilindungi hak-haknya,” katanya dalam rilis yang diterima jurnalislam.com.

“Bersikap cepat, tepat, jelas dan tegas dalam menyikapi penderitaan Kaum Muslim, baik di Palestina, Rohingya maupun Uighur,” imbuhnya.

Dr Muin juga meminta Duta Besar Cina untuk tidak melakukan pembohongan publik terkait kondisi muslim Uighur di Xinjiang, Cina.

“Untuk Meminta kepada Duta Besar Indonesia di Cina untuk memberikan informasi yang akurat, jujur, transparan dan tidak ditutup tutupi,” tegasnya.

“Meminta kepada Duta Besar Cina agar pemerintahan Cina membuka akses bantuan dari luar bagi Muslim Uighur seluas-luasnya,” imbuh Dr Muin.

Lebih lanjut, Dr Muin berharap Indonesia dapat memposisikan kepada dunia Internasional untuk berperan dalam menjaga perdamaian dunia.

“Anti penjajahan, anti penyiksaan dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) serta menghormati kebebasan menjalankan peribadatan untuk semua manusia,” tandasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X