Ustaz Adi Hidayat Minta MUI Keluarkan Panduan Ibadah di Tengah Wabah Corona

Ustaz Adi Hidayat Minta MUI Keluarkan Panduan Ibadah di Tengah Wabah Corona

JAKARTA (Jurnalislam.com)–Ustaz Adi Hidayat (UAH) mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk melakukan pengkajian lebih dalam terkait tatacara ibadah umat Islam di Indonesia paska ditetapkannya pandemi virus covid-19 atau corona oleh badan kesehatan dunia WHO beberapa waktu yang lalu.

Pemerintah Indonesia sendiri menyatakan hingga jum’at, (14/3/2020) ada 96 kasus positif corona 5 diantara meninggal dan 8 kasus dinyatakan sembuh.

Sementara, beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Solo dan Sragen menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) corona dan menutup sementara tempat pariwisata dan menghimbau masyarakat untuk mengindari tempat tempat keramaian hingga menyediakan sabun cuci tangan di masjid masjid.

“Kami mengusulkan kepada MUI untuk melakukan kajian khusus terhadap dampak virus Covid-19 ini dalam kaitannya dalam penunaian ibadah bagi umat Islam khususnya di Indonesia,” katanya dikutip dari akun youtube resmi milik UAH jum’at, (13/3/2020).

Menurut UAH, Fatwa dari MUI terkait dampak pemyebaran virus covid-19 tersebut sangat dinantikan oleh umat Islam di Indonesia. Hal itu dinilainya bisa meminimalisir dalam penyebaran virus tersebut.

“Untuk itu kami berharap seyogyanya ada fatwa yang disampaikan oleh MUI terkait tatacara sebagai dampak penyebaran virus Covid-19 ini,” ujarnya.

“Khususnya pada tatanan praktis ibadah yang ditunaikan secara berjamaah baik shalat berjamaah ataupun kegiatan kegiatan lainnya,” pungkas UAH.

Sementara, UAH sendiri juga menangguhkan beberapa agenda kajian dan tabligh akbar yang sifatnya terbuka, namun demikian, ia akan menganti kegiatan kajian tersebut melalui media sosial agar tetap bisa diakses oleh umat Islam.

sumber

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X