Umat Islam Dinilai Perlu Perkuat Literasi dan Kepustakaan

Umat Islam Dinilai Perlu Perkuat Literasi dan Kepustakaan

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin mengatakan pengembangan literasi dan kepustakaan di lingkungan umat Islam menjadi hal penting dalam pengembangan masyarakat.

 

“Pengembangan literasi itu penting bagi ummat Islam, terutama Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim,” katanya saat pembukaan acara pelatihan literasi informasi bagi generasi milenial di Hotel Aston Kartika, Grogol, Jakbar, Senin (24/06/2019).

 

Beliau menjelaskan cara utama mengembangkan literasi di masyarakat muslim adalah dengan pendirian dan penyelenggaraan perpustakaan masjid sebagai sarana belajar masyarakat.

 

“Perpustakaan masjid ini sebagai sarana peningkatan minat baca dan kemampuan literasi masyarakat Islam, baik literasi dasar, literasi informasi, maupun literasi keagamaan,” pungkasnya.

 

Selain itu, dia menyatakan bentuk lain dari pengembangan kepustakaan Islam adalah pengendalian mutu buku-buku yang beredar di tengah masyarakat.

 

Pasalnya dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 42 tahun 2016 disebutkan bahwa tugas dan fungsi Kementerian Agama RI dalam pengelolaan kepustakaan Islam adalah merumuskan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria bimbingan teknis, dan evaluasi di bidang kepustakaan ini.

 

“Kementerian Agama RI bertanggung jawab untuk mengembangkan tata aturan atau ketentuan legal (regulasi) tentang penyelenggaraan sistem kepustakaan dan perpustakaan di lingkungan umat Islam, termasuk organisasi kemasyarakatan Islam,” tuturnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X