Ulama Besar Uighur Syaikh Amin Yunus Meninggal di Penjara Pemerintah Cina

Ulama Besar Uighur Syaikh Amin Yunus Meninggal di Penjara Pemerintah Cina

XINJIANG (Jurnalislam.com) – Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun, kabar duka menyelimuti muslim dunia, ulama besar Asy Syaikh Muhammad Amin Yunus, 56 tahun meninggal dunia.

Seperti dilansir akun twitter @turkistantuzbah, As Syaikh Muhammad Amin Yunus menghembuskan nafas terakhirnya karena siksaan di dalam penjara komunis China.

“Muhammad Amin Yunus mati syahid di penjara komunis teroris China pada usia 56 tahun, beliau adalah seorang sarjana senior Turkistan Timur yang diduduki, beliau seorang ahli fiqh yang taat dan menguasai kutubus sittah (6 kitab induk hadits). Beliau merupakan ilmuwan terakhir dari serangkaian cendekiawan, konservasi dan para imam yang dibunuh oleh China dengan tujuan untuk menghapuskan Islam dari ingatan muslim. Dan kepada Allah ia kembali.” tulis @turkistantuzbah di twitter kemarin.

Asy Syaikh Muhammad Amin Yunus merupakan anggota terakhir yang menjadi ulama dari keluarganya yang dikenal ‘alim dan para penghafal Alquran yang sebelumnya pun sudah banyak yang meninggal dalam rezim pemerintahan komunis China.

Rahimahumullah wa taqabbalahum minasy syuhada, semoga Allah merahmati dan menerima mereka dalam barisan syuhada.

oleh : Jumi Yanti Sutisna

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X