Turki Tunda Operasi Militer Anti Teror Dukungan AS di Suriah

Turki Tunda Operasi Militer Anti Teror Dukungan AS di Suriah

ANKARA (Jurnalislam.com) – Ankara akan menunda operasi anti-terorisme di timur Sungai Efrat, Suriah, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (21/12/2018).

“Percakapan telepon yang kami lakukan dengan [Presiden AS Donald] Trump, serta kontak unit diplomatik dan keamanan kami, dan pernyataan yang dibuat oleh pihak Amerika membuat kami menunda sebentar [untuk operasi di sebelah timur Sungai Efrat ]

“Tentu saja ini bukan proses menunggu yang tanpa akhir,” kata Erdogan pada upacara penghargaan di Istanbul.

Pernyataan Erdogan muncul setelah Trump pada hari Rabu memerintahkan pasukan AS untuk menarik diri dari Suriah, mengatakan IS telah dikalahkan.

Presiden menegaskan bahwa Turki “tidak memiliki mata” pada wilayah Suriah, menambahkan: “Tapi, posisi kita melawan serangan teroris (YPG) yang menargetkan kita dari Suriah sudah jelas.”

Baca juga:

Sebuah misi di timur Sungai Eufrat, yang telah direncanakan oleh kepemimpinan Turki selama berbulan-bulan, akan mengikuti dua operasi Turki lintas batas yang berhasil ke Suriah sejak 2016, yaitu Operasi Euphrates Shield dan Olive Branch. Kedua operasi itu dimaksudkan untuk membasmi kehadiran YPG / PKK dan Teroris IS  di dekat perbatasan Turki.

“Keamanan regional sangat penting bagi kami. Langkah-langkah yang kami ambil di kawasan itu bersama dengan Rusia dan Iran bertujuan untuk memastikan keamanan regional,” kata Erdogan.

Presiden mengatakan bahwa Turki berkewajiban untuk mengambil alih peran penjaga perdamaian di Suriah.

Erdogan juga menegaskan bahwa Turki akan melanjutkan tindakannya dalam beberapa bulan mendatang untuk menghapus elemen PKK / PYD dan IS dari Suriah.

Dalam lebih dari 30 tahun operasi terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki – telah bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak. YPG adalah PKK cabang Suriah.

Terhadap keberatan Turki, AS telah bekerja  sama dengan PKK / YPG, dan menyebut mereka “sekutu” dalam pertempuran di Suriah, tetapi mengabaikan status teroris mereka.

Bagikan

One thought on “Turki Tunda Operasi Militer Anti Teror Dukungan AS di Suriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X